PKM-K “MOBILE CAFE”

RINGKASAN

Ide yang akan kami kembangkan dalam proyek ini adalah sebuah ide yang nantinya kami yakini akan digemari oleh para pemuda di daerah kawasan Mataram ini. Ide kami adalah ingin membuat sebuah café namun bukan café yang kebanyakan kita kenal saat ini. Café yang akan kami kembangkan adalah café yang tidak hanya diam ditempat, melainkan café yang dapat berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Ide ini kami berikan nama Mobile Café. Sesuai namanya, café ini dapat berpindah-pindah. Dengan kata lain, konsep café ini tidak memerlukan bangunan permanen, namun digantikan denganfood truck yang dapat membukacafe secara nomaden atau berpindah-pindah. Dengan demikian, café ini dapat lebih fleksibel dalam mencari terget konsumen (pusat keramaian) serta unik tentunya. Meskipun begitu, café ini tetap mempertahankan konsep cozy khas anak muda dan ditambah lagi adanya tambahan buku-buku bacaan serta fasilitas nontong bareng sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan ditemani buku-buku bacaan populer untuk anak mudasekaligus nonton bareng.

 


BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang

Pulau Lombok saat ini sedang menjadi primadona di setiap pembicaraan pariwisata. Pulau kecil yang bersebelahan dengan pulau Bali ini disebut-sebut menyediakan tempat-tempat wisata yang dijuluki “hidden paradise”. Tak heran, setiap sudut dan daerah di Lombok ini sering dikunjungi para wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Ketenaran pulau Lombok tak pelak akhirnya berimbas pada ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Mataram. Selain menjadi pusat peredaran uang di Provinsi Nusa Tenggara Barat, kota Mataram dapat juga dijuluki “kota pelajar” untuk wilayah Nusa Tenggara Barat. Universitas Mataram yang terletak di Kota Mataram ini menjadi salah satu tujuan pelajar dari seluruh Provinsi Nusa Tenggara Barat bahkan luar Provinsi Nusa Tenggara Barat. Melihat fenomena tersebut, tak heran kota Mataram dipenuhi oleh para muda mudi yang notabene gemar nongkrong atau sekedar berkumpul.

Ketika berbicara tentang berwisata ataupun anak muda, kuliner menjadi hal yang wajib untuk menggiring kedua komponen tersebut. Ketika berkunjung ke tempat wisata, tak lengkap kalau tidak mampir ke tempat-tempat kuliner atau cafe. Ketika ingin nongkrong atau berkumpul bersama teman dan keluarga, tempat kuliner atau kafe biasanya menjadi pilihan utama.

Memiliki peluang usaha café atau berbisnis di bidang kuliner memang selalu menimbulkan ide-ide baru dan tentu saja dapat menambah pundi-pundi. Saat ini, bisnis usaha café bisa menjadi pilihan atau alternatif yang menjanjikan untuk untuk orang-orang yang ingin terjun ke dunia bisnis dengan modal kecil. Seperti anak muda misalnya.

Tidak semua pengusaha di bidang ini merupakan anak muda, akan tetapi, banyak pelaku bisnis di bidang ini yang pelakunya anak muda namun berhasil meraih kesuksesan. Salah satu yang mereka terapkan adalah ide-ide kreatif yang menarik minat konsumen dari kalangan yang sama.

Jika peluang usaha ini memiliki target segmen pasar pelajar, mahasiswa ataupun para traveler seperti disebutkan di atas, maka pendirian café ini amat sangat cocok didirikan di wilayah Mataram, Lombok. Namun, dengan semakin berkembangnya infrastruktur seiring dengan terbentuknya berbagai macam bangunan, baik untuk fasilitas umum maupun komersil, memiliki tantangan tersendiri dalam hal mencari tempat strategis. Adapun jika ada bangunan yang dapat disewa, biaya nya pun dapat dikatakan cukup tinggi untuk kalangan anak muda yang ingin mengambil langkah mantap membuka usaha café.

Oleh karena itu, munculah ide membuka “mobile café”. Sesuai namanya, café ini dapat berpindah-pindah. Dengan kata lain, konsep café ini tidak memerlukan bangunan permanen, namun digantikan dengan food truck yang dapat membuka café secara nomaden atau berpindah-pindah. Dengan demikian, café ini dapat lebih fleksibel dalam mencari target konsumen (pusat keramaian) serta unik tentunya. Meskipun begitu, café ini tetap mempertahankan konsep cozy khas anak muda dan ditambah lagi adanya tambahan buku-buku bacaan serta fasilitas nonton bareng sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan dengan ditemani buku-buku bacaan populer untuk anak muda sekaligus nonton bareng.

1.2       Rumusan Masalah

            1.Bagaimana proses pengembangan usaha Mobile Cafe ?

            2.Bagaimana metode pelaksanaan Mobile Cafe ?

3.Bagaimana strategi untuk mempromosikan usaha yang akan dikembangkan?

  • Tujuan
  1. Untuk mengetahui proses pengembangan usaha Mobile Cafe.
  2. Untuk mengetahui metode pelaksanaan Mobile Cafe
  3. Untuk mengetahui strategi dalam mempromosikan usaha yang akan dikembangkan.

  • Luaran

Jasa Komersil

  • Kegunaan
  1. Melatih jiwa muda mahasiswa berkarir di dunia usaha atau entrepreneur muda.
  2. Memotivasi seluruh mahasiswa untuk dapat membuka lapangan kerja baru guna membangun daerah masing-masing dan menurunkan jumlah pengangguran serta meningkatkan perekonomian daerah.

BAB II

PEMBAHASAN

  • Analisis Peluang Usaha
  1. Jenis kegiatan
  2. Nama produk : Mobile Café
  3. Bentuk produk : Usaha mandiri
  • Karakteristik kegiatan : Promosi Mobile Café
  1. Keunggulan kegiatan :
  2. Usaha ini tergolong usaha yang unik. Karena cafe yang umumnya ada di Mataram adalah sedenter, sedengkan cafe yang kami tawarkan adalah cafe nomaden yang berpindah-pindah tempat.
  3. Mobile cafe kami dilengkapi buku-buku bacaan dan tontonan terupdate yang tentunya sesuai dengan selera pemuda masa kini. Sehingga para customer tidak cepat merasa bosan selama berada ditempat.
  4. Cafe kami didesain dengan kondisi yang unik dan sesuai dengan sense anak-anak mudah saat ini, sehingga tidak terkesan jadul dimata
  5. Jenis Produk :
  6. Cap Cay
  7. Nasi Goreng
  8. Garden Salad
  9. Fruit Salad
  10. Pancake
  11. Soft Waffle
  12. French Fries
  13. Mini Pizza
  14. Bakery
  15. Ice Cream
  16. Bubble Drink
  17. Juice
  18. Hot drink
  19. Target yang dituju
  20. Universitas Mataram dan sekolah lainnya untuk taman sekolah mereka.
  21. Taman kota.

  • Analisis pesaing

Untuk pesaing café secara umum di kota Mataram terbilang cukup rendah mengingat cafe yang kami bangun terbilang baru dan unik.

  • Analisis Lingkungan Usaha

Tabel 2.1 Analisis Peluang

Peluang Keterangan
1.      Persaingan

·         Persaingan cukup rendah.

Persaingan cukup rendah mengingat cafe yang kami bangun terbilang baru dan unik.
2.      Peluang Pasar

Usaha ini terbilang cukup unik, modern, sesuai selera masyarakat.

Karena cafe yang umumnya ada di Mataram adalah sedenter, sedangkan cafe yang kami tawarkan adalah cafe nomaden yang berpindah-pindah tempat. Dilengkapi juga dengan buku-buku serta tontonan yang sesuai selera anak muda.
3.      Kemajuan Teknologi

Dilakukan melalui jejaring media sosial dan sarana internet lainnya.

 

Mudah untuk diakses dimana saja, murah, dan dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.

Tabel 2.2 Analisis Kekuatan

Kekuatan Keterangan
1.      Usaha

·         Unik

·         Modern

·         Sesuai selera masyarakat

Cafe yang kami bangun terbilang baru karena cafe-cafe biasanya menetap pada satu tempat. Nuansa yang disajikan terbilang modern serta dilengkapi buku-buku serta tontonan yang sesuai dengan selera anak muda.

 

2.      Pelayanan Pelanggan

·      Cepat, ramah, dan memuaskan

 

Pelayanan kami disajikan secepat mungkin tanpa membiarkan pelanggan menunggu terlalu lama dengan senyuman dan keramahan pelayan.
3.      Sistem manajemen

·      Sistem pencatatan dan administrasi

Data mengenai bahan baku, barang jadi, serta penjualan produk dicatat dengan baik dengan tujuan mengontrol keuangan serta kinerja usaha.

 

Tabel 2.3 Analisis Hambatan

Hambatan Keterangan
1.      Permodalan Berhubung pegawai dalam usaha ini merangkap sebagai mahasiswa yang belum memiliki penghasilan, hambatan utama adalah mendapatkan modal usaha.

 

BAB III

METODE PELAKSANAAN

 

Terdapat delapan metode yang digunakan pada program ini, yaitu metode persiapan dan survey pasar, pengadaan alat dan bahan, pendirian usaha, promosi, penjualan produk, evaluasi perkembangan usaha, evaluasi kegiatan dan laporan pertanggungjawaban. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Tahap persiapan dan Survey

Tahap persiapan dan survey ini diawali dengan pembuatan anggaran usaha, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan job desk masing-masing karyawan.

  • Pengadaan alat dan bahan

Pada tahap ini pembelian alat penunjang serta bahan dilakukan. Pemilihan kualitas alat maupun bahan demi kualitas produk merupakan hal yang sangat penting. Pembuatan produk dilakukan dengan memperhatikan kualitas barang sehingga pembeli tidak akan kecewa dengan barang yang akan dibeli.

  • Pendirian Usaha

Pada tahap ini akan dilakukan pendirian usaha. Pada tahap ini akan dilaksanakan grand opening pembukaan café.

  • Promosi

Pada tahap ini akan dilakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan usaha kami kepada public. Adapun sarana yang akan kami pakai sebagai sarana promosi adalah media online seperti facebook, twitter, dan instagram. Sedangkan media offline seperti menyebarkan brosur dan promosi mulut ke mulut.

  • Penjualan produk

Penjulan produk akan dilakukan secara direct selling, dimana konsumen sendiri yang akan datang mengampiri penjual.

  • Evaluasi Perekembangan Usaha

Pada tahap ini dilakukan perhitungan pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan usaha. Pada tahap ini pula kami menganalisis apakah strategi pemasaran sudah maksimal atau tidak. Selain itu dilakukan evaulasi terhadap modal yang ada, evaluasi terhadap jaringan dan mitra kerja.

  • Evaluasi kegiatan

Evaluasi kegiatan diadakan untuk mengetahui secara keseluruhan sejauh mana usaha ini berjalan, kekurangan dan kelebihan serta rincian secara keseluruhan.

  • Laporan Pertanggungjawaban

Laporan ini dilaksanakan pada akhir periode kegiatan.

 

BAB IV

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

 

  • Jadwal Kegiatan
No Kegiatan Bulan ke-1 Bulan ke-

2

Bulan ke-

3

Bulan ke-

4

1 Tahap Persiapan dan Survey
2 Pengadaan alat dan bahan
3 Pendirian Usaha
4 Promosi
5 Penjulan Produk
6 Evaluasi Perkembangan Usaha
7 Evaluasi Kegiatan
8 Laporan Pertanggungjawaban

 

 

4.2       Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K

 

No. Item jumlah harga/unit Total
1 meja lipat + kursi outdoor portabel 10 Rp100,000 Rp1,000,000
2 Cook ware-set 1 Rp800,000 Rp800,000
3 Jar Mug kaca (450 ml) 10 Rp10,000 Rp100,000
4 Kulkas portabel 1 Rp1,600,000 Rp1,600,000
5 Blender 1 Rp250,000 Rp250,000
6 kompor gas 1 Rp350,000 Rp350,000
7 Rak Buku 2 Rp1,200,000 Rp2,400,000
8 Sound System 1 Rp4,000,000 Rp4,000,000
TOTAL Rp10,500,000
   

 

 

 

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1 Biodata Ketua dan Anggota

Daftar Biodata Ketua dan Anggota Kelompok

 

  1. Ketua Pelaksana Kegiatan
  2. Identitas Diri
  3. Nama Lengkap : Restu Alpiansah
  4. NIM : A1C013124
  5. TTL : Jenggik, 21 Desember 1994
  6. Angkatan : 2013
  7. Fak/Jurusan :Fakultas Ekonomi dan Bisnis/ Jurusan                    Akuntansi
  8. Perguruan Tinggi : Universitas Mataram
  9. Alamat asal : Jl.Gotong Royong, Ampenan
  10. E-mail : etualpiansah@gmail.com
  11. Hp : 085646981127

 

  1. Riwayat Pendidikan
SD SMP SMA
Nama Institusi SDN 1 JENGGIK SMPN 1 TERARA SMAN 1 TERARA
Tahun Masuk-Keluar 2001-2007 2007-2010 2010-2013

 

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Kewirausahaan.

 

Mataram,   28 Oktober 2015

Pengusul

 

 

(Restu Alpiansah)

  1. AnggotaPelaksana Kegiatan
  2. Identitas Diri
  3. Nama Lengkap : Mia Rusmayanti
  4. N I M   : A1C012088
  5. TTL : Selong. 25 April 1994
  6. Angkatan : 2012
  7. Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/ Jurusan Akuntansi
  8. PerguruanTinggi : Universitas Mataram
  9. AlamatAsal : Kekalik, Ampenan
  10. E-mail     : miamayanti@gmail.com
  11. No HP   : 087765099413
  12. Riwayat Pendidikan
SD SMP SMA
Nama Institusi SDN 3 SELONG SMPN 1 SELONG SMAN 1 SELONG
Tahun Masuk-Keluar 2000-2006 2006-2009 2009-2012

 

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Kewirausahaan.

 

 

Mataram, 28 Oktober 2015

Pengusul

 

 

(Mia Rusmayanti)

 

 

  1. AnggotaPelaksana Kegiatan
  2. Identitas Diri
  3. Nama Lengkap : Ketut Desy Wirashanthi
  4. N I M   : A1C013058
  5. TTL   : Praya, 14 Desember 1994
  6. Angkatan : 2013
  7. Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis/ Jurusan Akuntansi
  8. PerguruanTinggi : Universitas Mataram
  9. AlamatAsal : Kauman, Praya, Lombok Tengah
  10. E-mail     : ketutdesy_w@yahoo.com
  11. No HP   : 082340708713
  12. Riwayat Pendidikan
SD SMP SMA
Nama Institusi SDN 3 PRAYA SMPN 1 PRAYA SMAN 1 PRAYA
Tahun Masuk-Keluar 2001-2007 2007-2010 2010-2013

 

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Kewirausahaan.

 

 

Mataram, 28 Oktober 2015

Pengusul

 

 

 

(Ketut Desy Wirashanthi)

 

  1. Anggota Pelaksana Kegiatan
    1. Identitas Diri
  2. NamaLengkap : Nurhidayah
  3. N I M   : A1C013110
  4. TTL   : Penujak, 27 November 1995
  5. Angkatan : 2013
  6. Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Jurusan Akuntansi
  7. PerguruanTinggi : Universitas Mataram
  8. AlamatAsal : Penujak, Lombok Tengah
  9. E-mail     : nurhidayah@yahoo.com
  10. No HP   : 081917227452
    1. Riwayat Pendidikan
SD SMP SMA
Nama Institusi SDN 1 PENUJAK SMPN 1 PRAYA SMAN 1 PRAYA
Tahun Masuk-Keluar 2001-2007 2007-2010 2010-2013

 

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Kewirausahaan.

 

 

Mataram, 28 Oktober 2015

Pengusul

 

 

 

(Nurhidayah)

 

 

  1. Anggota Pelaksana Kegiatan
    1. Identitas Diri
  2. NamaLengkap : Baiq Hapizatul A.Ahmadi
  3. N I M   : A1B014020
  4. TTL   : Lendang Nangka, 5 Mei 1996
  5. Angkatan : 2014
  6. Fakultas/Jurusan : Fakultas Ekonomi dan Bisnis /Jurusan Manajemen
  7. PerguruanTinggi : Universitas Mataram
  8. AlamatAsal : Selong, Lombok Timur
  9. E-mail     : baiqhapizatul@gmail.com
  10. No HP   : 085205039834
    1. Riwayat Pendidikan
SD SMP SMA
Nama Institusi SDN 4 LENDANG NANGKA SMPN 4 MASBAGIK SMAN 1 SIKUR
Tahun Masuk-Keluar 2002-2008 2008-2011 2011-2014

 

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaiandengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM-Kewirausahaan.

 

 

Mataram, 28 Oktober 2015

Pengusul

 

 

 

(Baiq Hapizatul A.Ahmadi)

 

 

 

Lampiran 2. Aspek Keuangan

  1. ASET DAN EKUITAS (MODAL)

Total modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha mobile café ini sebesar Rp10.500.000,- (Sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah), dengan rincian:

No. Item Total
1 meja lipat + kursi outdoor portabel Rp1,000,000
2 Cook ware-set Rp800,000
3 Jar Mug kaca (450 ml) Rp100,000
4 Kulkas portable Rp1,600,000
5 Blender Rp250,000
6 kompor gas Rp350,000
7 Rak Buku Rp2,400,000
8 Sound System Rp4,000,000
Grand Total Rp10,500,000

 

 

 


  1. PROYEKSI LABA RUGI

Proyeksi pendapatan untuk tahun pertama menggunakan asumsi bahwa:

  • Rata-rata pengunjung per hari : 25 Pengunjung
  • Nilai pembelian per pengunjung : Rp 15.000,-
  • Pendapatan per hari : Rp 375.000 (25 x Rp 15.000)
  • Target Pendapatan per bulan : Rp 9.750.000 (asumsi 26 hari operasi per bulan)
  • Target pendapatan tahun pertama : Rp 117.000.000

Diproyeksikan/diharapkan bahwa untuk tahun selanjutnya, terdapat kenaikan pendapatan dan harga pokok penjualan sebesar 10% dari tahun sebelumnya dengan asumsi biaya tetap. Maka, proyeksi laba rugi untuk mobile café di 5 tahun pertama ditunjukkan dalam tabel berikut:

Keterangan Tahun
I II III IV V
Pendapatan Rp117,000,000 Rp128,700,000 Rp141,570,000 Rp155,727,000 Rp171,299,700
Harga Pokok Penjualan -Rp50,000,000 -Rp55,000,000 -Rp60,500,000 -Rp66,550,000 -Rp73,205,000
Total Pendapatan Bersih Rp67,000,000 Rp73,700,000 Rp81,070,000 Rp89,177,000 Rp98,094,700
Biaya-Biaya:
a. Biaya Bahan Bakar Rp25,000,000 Rp25,000,000 Rp25,000,000 Rp25,000,000 Rp25,000,000
b. Biaya Pemeliharaan peralatan Rp2,000,000 Rp2,000,000 Rp2,000,000 Rp2,000,000 Rp2,000,000
c. Biaya Service Kendaraan Rp3,000,000 Rp3,000,000 Rp3,000,000 Rp3,000,000 Rp3,000,000
e. Biaya Penyusutan Rp1,000,000 Rp1,000,000 Rp1,000,000 Rp1,000,000 Rp1,000,000
Total Biaya Rp31,000,000 Rp31,000,000 Rp31,000,000 Rp31,000,000 Rp31,000,000
Laba bersih sebelum pajak Rp36,000,000 Rp42,700,000 Rp50,070,000 Rp58,177,000 Rp67,094,700
Pajak (25%) Rp9,000,000 Rp10,675,000 Rp12,517,500 Rp14,544,250 Rp16,773,675
Laba bersih setelah pajak Rp27,000,000 Rp32,025,000 Rp37,552,500 Rp43,632,750 Rp50,321,025


Payback Period

Dari tabel di atas, terlihat arus kas yang masuk digambarkan pada tabel di bawah ini:

Tahun Kas Masuk Jumlah Kumulatif
1 Rp27,000,000 Rp27,000,000
2 Rp32,025,000 Rp59,025,000
3 Rp37,552,500 Rp96,577,500
4 Rp43,632,750 Rp140,210,250
5 Rp50,321,025 Rp190,531,275
TOTAL Rp190,531,275
RATA-RATA Rp38,106,255

 

Dengan demikian, terlihat bahwa arus kas per tahun jumlahnya berbeda. Maka, digunakan rumus:

Payback Period = n + (a-b) / (c-b) x 1tahun

Dimana:

n = tahun terakhir di mana jumlah arus kas masih belum bisa menutup investasi mula-mula

a = Jumlah investasi mula-mula

b = Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n + 1

c = Jumlah kumulatif arus kas pada tahun ke n + 1

Maka, payback period-nya adalah:

Payback Period     = n + (a-b) / (c-b) x 1tahun

= 1+ (Rp59,025,000- Rp27,000,000) / (Rp96,577,500– Rp59,025,000) x 1 tahun

Payback period     = 1,8 tahun atau 1 tahun 8 bulan.

 

 

 

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

 

No

 

Nama/NIM

 

Program Studi

 

Bidang Ilmu

 

Alokasi Waktu (jam/minggu)

 

UraianTugas

 

1. Restu Alpiansah

A1C 013 124

S1-Akuntansi Akuntansi 20 jam/mgg
2. Mia Rusmayanti

A1C 012 088

S1-Akuntansi Akuntansi 20 jam/mgg
3. Ketut Desy Wirashanthi

A1C 013 058

S1-Akuntansi Akuntasni 20 jam/mgg
4. Nurhidayah

A1C 013 110

S1-Akuntansi Akuntansi 20 jam/mgg
5 Bq.Hapizatul A.Ahmadi

A1B 014 020

S1-Manajemen Manajemen 20 jam/mgg

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s