Safety Alarm Untuk TKI

Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia atau TKI akhir-akhir ini sudah tak dapat dihitung lagi. Terlalu banyak permasalahan pelik yang sudah mendera para pekerja Indonesia di negara lain, yang serentetan itu memberikan implikasi yang sangat tinggi untuk bangsa Indonesia.

pemerintah-harus-perketat-pengawasa-agen-penyalur-tki-pemotong-gaji-NkuXcIDyd3
TKI sang Pahlawan Devisa

Permasalahan yang dialamipun sangat beragam, mulai dari permasalahan berlevel rendah, sedang, bahkan sampai permasalahan menahun yang solusinya sangat membingungkan negara. Mulai dari TKI diusir oleh majikan, tidak diberikan uang pesangon oleh majikan, disiksa dengan cara disetrika, diperkosa, bahkan hingga kejahatan yang berlevel tinggi yakni pembunuhan. Tidak dapat dipungkiri lagi, itu semua sudah menjadi dilema tersendiri bagi bangsa indonsia. Hal yang sangat parah adalah, bahwa tenaga kerja wanita yang mendapatkan perlakuan yang tidak pantas adalah para pekerja yang sudah sesuai dengan ketentuan negara, mereka adalah para pekerja yang sudah diberikan izin usaha untuk bekerja, membanting tulang untuk mengisi pundi-pundi kantong pribadi maupun pundi-pundi kas negara, yang nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh masyarakat indonesia.

Data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat jumlah WNIO/Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah atau TKIB yang berada di Malaysia sebanyak 1.250.000 orang , di  Arab Saudi 588.075 orang  dan negara lain  32.073 orang.  Dari jumlah tersebut, pemerintah telah memulangkan  selama tahun 2014 WNIO dari Arab Saudi sebanyak 20.379 orang, sedangkan dari Malaysia sebanyak 26.428 orang. Angka-angka yang disajikan ini bukanlah angka-angka mati yang tak memliki makna sama sekali. Angka-angka tersebut menyiratkan tentang besarnya permasalahan yang dihadapi oleh bangsa indonesia dalam mengurusi para pekerja indonsia yang bekerja diluar negeri.

Sebenarnya, kalau kita mengkaji lebih dalam, sebenarnya hal yang kurang dalam penangan permasalahan para TKI adalah masalah kesalamatan(safety). Permasalahan para pekerja Indonesia adalah terletak pada masalah kesalamatannya, keamanan yang diberikan kepada para pahlwan devisa indonesia masih sangat kurang, sehingga negara-negara tujuan kerjapun menjadi tidak merasa takut untuk memperlakukan para pekerja indonesia dengan tidak pantas. Negara kita butuh suatu sistem keamanan yang kuat, yang nantinya akan senantiasa mengiringi para pekerja dalam proses bekerja sehingga mereka akan senantisa merasa terlindungi untuk mencari nafkah dinegara orang lain, sehingga dengan demikian kesejahteraan para pekerja wanita indonesia akan semakin terjamin.

Dengan demikian, melalui permasalahan diatas, saya selaku pemuda bangsa yang merasa prihtin dengan permasalahan tersebut tertarik untuk memberikan sebuah solusi yang nantinya kami harapkan mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi kepada para Tenaga Kerja Indonesia melalui sistem online yang kami berikan nama Safety Alarm untuk TK Indonesia, dengan harapan mampu untuk memberikan keamanan yang memadai kepada para pekerja indonseia, sehingga mereka akan dapat merasa nyaman dalam melaksanakan pekerjaanya. Sehingga negarapun tidak akan perlu khawatir dengan kondisi atau keadaan para pekerja wanita di negara tujuan. Karena sistem ini akan langsung terhubung dengan kedutaan besar Repbublik Indonsia di negara tujuan, sehingga segala permasalahan yang mengancam hidup para TKI akan lansung segera diketahui oleh kedutaan besar indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s