Cara Bermain Monopoli

tn_monopoly-stacked-logo
Lets play it….

Permainan ini dimulai di petak START dan berjalan seterusnya sesuai dengan angka-angka yang tertunjuk di batu dadu. Pemain yang berhenti diatas sebuah tanah bangunan yang belum dimiliki oleh lain pemain, berhak membelinya dari bank dgn harga yg telah ditentukan di papan permainan. Kalau pemain tersebut tak berhasrat membeli tanah bangunan tadi maka bank berhak menjualnya kepada penawar yg tertinggi. Tujuan utama memiliki tanah bangunan sebanyak mungkin ialah memungut sewa dari pemain yg berhenti diatas tanah milik tersebut. Uang sewa dapat dipungut lebih banyak lagi kalau diatas tanah bangunan didirikan rumah-rumah atau hotel. Hanya kalau sudah memiliki 1 kompleks tanah bangunan (lihat huruf abjad yg bersamaan), pemain diijinkan membangun rumah-rumah atau hotel. Petak2 DANA UMUM dan KESEMPATAN memberi ketika kepada pemain mengambil kartu yg telah tersedia dan harus taat kepada petunjuk2 dan keterangan2 diatas kartu. Adakalahnya kalau sial pemain harus masuk penjara.

ALAT-ALAT PERMAINAN  
1.)Sebuah papan permaina yang dilengkapi dengan petak-petak menerangkan TANAH BANGUNAN, STASIUN, PAJAK-PAJAK & KESEMPATAN .
2.) Batu dadu 2 biji.
3.) 32 buah biji rumah (warnah hijau) & 12 hotel dengan (warna merah).
4.) 1 set kartu DANA UMUM dan 1 set kartu KESSEMPATAN.
5.) Kartu hak milik tanah bangunan dengan keterangan mengenai komplek harga sewa dan hipotiknya (harga jual).
6.) Uang-uang permainan dari berbagai nilai.

PERSIAPAN
Papan permainan diletakkan diatas meja yag cukup besar. Kartu DANA UMUM & KESEMPATAN diletakkan terbalik didalam petak yang telah tersedia. Tiap pemain pada permulaan diberi uang sebanyak $200.000. Segala kartu TANAH BANGUNAN, rumah-rumah dan hotel-hotel diserahkan kepada bank. Pejabat bank di pilih seorang diantara pemain.

UANG-UANG
Tiap pemain mula-mula diberi uang sebesar $200.00 dibagi dalam nilai sbg. 1 lembar $100.000, 1 lembar $50.000, 1 lembar $20.000, 1 lembar $10.000, 3 lembar $5.000, 3 lembar $1.000, 2 lembar $500, 3 lembar $200, 4 lembar $100 sisanya di serahkan kepada bank.

PERMULAAN
Permulaan membuang dadu bergirilan, anka yang banyak main dahulu. Permainan dimulai petak START. Setelah itu bijih-bijih, pemain dijalankan bergirilan sesuai dengan angka dadu kepetak-petak menurut arah panah. Dimana biji-biji pemain terhenti, TANAH BANGUNAN dll dapat dibelihnya dan membayar sewa kalau TANAH BANGUNAN tersebut telah dimiliki orang, atau membayar pajak dan sebagainya.

KALAU DADU MENUNJUKKAN NILAI YANG SAMA
Pemain dapat terus berjalan , akan tetapi pada lembaran ketiga jika angka dadu tetap menunjuk angka yang sama, maka pemain harus segera masuk penjara.

GAJI: Tiap pemain setelah melalui petak START diberi honararium (gaji) $20.000 oleh bank.

PEMAIN YANG BERHENTI DITANAH BANGUNAN YANG BELUM DIMILIKI ORANG
Bila seseorang pemain berhenti diatas TANAH BANGUNAN yang belum dimiliki orang lain, dengan cara melempar dadu maupun dengan paksaan kartu KESEMPATAN atau kartu DANA UMUM ,pemain tersebut mendapat hak untuk membeli tanah bangunan tersebut, dengan harga yang sudah ditetapkan, melalui bank. Setelah membeli tanah bangunan dan mendapat kartu hak milik dari bank, kartu mana harus di letakkan terlentang diatas meja. Kalau pemain mana tak mau membeli tanah bangunan yang menjadi haknya, ia harus mengembalikan kapada bank untuk dijual kepada penawar yang tertinggi. Semua pemain berhak mengajukan penawaran ,tidak terkecuali yang menolak pembelian tadi.

BERHENTI DITANAH BENGUNAN YANG DIMILIKI ORANG
Bila seseorang pemain berhenti ditanah bangunan yang telah dimiliki pemain lain, dengan perantaraan dadu maupun karena diharuskan oleh kartu KESEMPATAN atau DANA UMUM ,pemilik tanah bangunan mana berhak memungut sewa atas tanah tersebut sesuai dangan tarip yang telah ditetapkan di kartu hak milik. Selanjutnya kalau diatas tanah bangunan itu didirikan rumah-rumah atau hotel sewanya dapat dipungut lebih tinggi dari tanah yang belum dibangun. Tanah yang dihipotikan (didagang kepada bank) tidak berhak memungut sewa dan kartuharus diletakkan terbalik. PERHATIAN : Seorang pemilik tanah kalau alpa memungut sewa waktu giliranya kehilangan haknya. (sewa tidak dapat di pungut lagi)

KEUNTUNGAN BAGI PEMAIN
Adalah suatu keuntungan untuk tiap pemain yang memiliki 1 kompleks Tanah Bangunan (Misalnya Indonesia, Malaysia, Singapore, Mesir, Hongkong) karena dengan demikian ia berhak memungut sewa atas tanah bangunan tsb. Sebanyak 2x lipat. Rumah-rumah dan hotel hanya dapat dibangun atas satu kompleks tanah bangunan (lihat huruf abjad di kartu). Keuntungan dari pada mendirikan rumah-rumah dan hotel-hotel ialah pemiliknya dapat memungut jumlah sewa jauh lebih besar dari pada kompleks yang masih kosong.

BERHENTI DI KESEMPATAN ATAU DANA UMUM
Pemain mengambil kartu yang teratas setelah menaati petunjuk-petunjuk didalamnya, kartu itu dikembalikan dibawah sendiri. Hanya kertu keluar dari penjara dapat ditahan hingga terpakai atau dijual kepada lain pemain.

BERHENTI DIATAS PETAK PAJAK   – Bayarlah segera pajak yang dikenakan kepada sobat

BANK
Kewajiban bank ialah membayar gaji-gaji dan hadiah-hadiah serta menjual tanah-tanah bangunan, rumah-rumah, hotel-hotel, dan meminjamkan uang dengan cara hipotik.

PENJARA   – pemain harus masuk penjara karena :

1)      Bijinya berhenti di petak masuk penjara.

2)      Mendapat perintah masuk penjara.

3)      Kedua dadu menunjukkan angka sama sebanyak 3x. Kalau pemain masuk penjara ia tak berhak menerima $20.000 dari bank tiap-tiap kitaran. Kalau seorang prmain berhenti di petak PENJARA karena lemparan dadu. Ia tak dipenjarakan Hanya Lewat saja dan tak dikenakan hukuman apa-apa.

KELUAR PENJARA

Seorang pemain dapat keluar dari penjara apabila :

1)    Lemparan dadu menunjukkan angka yang sama.

2)    Membeli sebuah kartu “keluar dari penjara” dari pemain lain yang mendapatkannya.

3)    Memberi uang denda $5.000 kepada bank sebelum tiba gilirannya.

4)    Pemain diberi kesempatan 3x lempar dadu untuk mendapat angka yang sama, setelah itu ia harus segera membayar dendanya $5.000 kepada bank dan berjalan terus menurut angka dadu.

RUMAH-RUMAH
Rumah dapat dibelidari bank hanya kalau seorang pemain memiliki tanah bangunan 1 kompleks ( dijelaskan dengan huruf abjad) rumah-rumah harus didirikan dengan jumlah yang sama setiap petak. Dengan memiliki 1 kompleks TANAH BANGUNAN dengan rumah, pemain dapat dapat memungut sewa 2x lipat. Rumah dapat dibeli kapan saja dengan jumlah menurut kemampuannya, akan tetapi harus merata tiap petak 1 rumah dan seterusnya.

HOTEL-HOTEL
Tiap pemain harus memiliki 4 rumah dalam 1 seri TANAH BANGUNAN sebelum ia diperbolehkan membeli sebuah hotel. Harga hotel telah ditentukan dikartu hak milik tanah. Setelah membeli hotel tersebut pemain harus menyerahkan ke-4 rumahnya kepada bank, (diatas tanah bangunan hanya diperbolehkan membangun 1 hotel).

KEKURANGAN BANGUNAN
Diwaktu bank telah kehabisan rumah untuk dijual kepada pemain, mereka yang hendak mendirikan rumah harus menanti hingga salah seorang pemain mengembalikan rumahnya kepada bank. Kalau pembeli lebih dari 1 orang, maka rumah tersebut dilelang.

MENJUAL HARTA KEKAYAAN
Tanah bangunan yang belum dibanguni, stasiun perusahaan-perushaan dapat dijual belikan sebagai transaksi pribadi antara pemain dan pemain dengan harga tak terbatas. Tanah bangunan dilarang dijual belikan bilamana 1 kompleks tanah bangunan masih terdapat rumah-rumah yang belum dikembalikan kepada bank. Rumah dan hotel dapat di jual kembali kepada bank, dengan syarat behwa bank hanya membelih separuh harga resminya. Mengenai hotel yang di jual, bank hanya membayar separuh harga hotel yang resmi ditambah dengan separuh jumlah dari harga 4 rumah.

HIPOTIK (Tanah digadaikan kepada bank)
Harga kekayaan hanya dapat di-HIPOTIK kepada bank. Harga hipotik telah ditetapkan di kartu hak milik, dan bunganya talah ditetapkan 10% dibayar setelah hipotiknya ditebus. Tanah bangunan yang dihipotikkan : setelah dioperkan kepada lain pemain, dapat ditebs oleh pemilik katu ini, dengan syarat disamping membayar uang hipotiknya harus juga membayar bunga 10%. Kalau pemilik baru gagal menebusnya, ia harus tetap membayar bunga 10% dan kalau kelak ia berhasil menebusnya, disamping membayar bunga 10% wajib pula membayar harga pokoknya.

BANGKRUT (PAILIT)
Pemain dinyatakan bangkrut (pailit), kalau ia hutang tak bisa dibayar. Segala harta kekayaan harus diserahkan kepada kreditornya (orang yang dihutangi) , dan berhenti main. Dalam penyelesaian ini pemain mana jika memiliki rumah-rumah atau hotel-hotel harus diserahkan kepada bank, sebagai gantinya ia akan mendapat uang sejumlahseparuh dari harga pokoknya. Uang mana harus dibayarkan kepada kreditornya. Kalau semain tak memiliki uang untuk membayar pajak denda atau hukuman-hukuman, maka bank segera melelang kekayaannya dan pemain ini dinyatakan kalah.

KETERTANGAN LAIN   – Kalau seorang pemain hutang kepada yang lain, ia dapat membayar hutangnya ½ berupa uang tunai & ½ lagi dengan kekayaannya. Pihak krediitor sering membeli kartu hak milik lebih tinggi dari harga hipotik, maksudnya ialah untuk memblokir pemain lain memiliki tanah bangunan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s