Udah Stress Berat dan Hampir Gila Belajar Bahasa Inggris Tapi Tetep Nggak Bisa? Coba Cara Gue, Siapa Tau Manjur!

“Ratusan kali gue mencoba, ratusan kali itu juga gue gagal belajar bahasa Inggris. Tuhan, apa sebenarnya salah hambamu ini sehingga tak pernah bisa menaklukkan bahasa yang satu ini?”

Hey stop….. jangan menyalahkan siapapun atas ketidakberdayaan elu dalam menguasai bahasa Inggris. Jangan sekali-kali menyalahkan siapapun, karena hal yang seharusnya dilakukan adalah melakukan introspeksi diri dengan sebaik mungkin. Jika selama ini sobat sudah banyak sekali berjuang dan berkorban untuk belajar bahasa Inggris namun masih belum bisa juga, mungkin ada yang salah dengan cara belajarnya sobat.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang kini sudah semakin berkembang pesat. Seiring dengan kemajuan zaman globalisasi yang semakin menggila, dan diiringi oleh kemajuan teknologi yang sudah tak terkendalikan lagi, skill bahasa Inggris benar-benar wajib dimiliki oleh setiap orang. Wajib….

Yep… kalau dulu, sekitar 10 tahun yang lalu, orang yang bisa berbahasa Inggris itu dianggap sebagai orang yang super jenius, karena mampu menguasai bahasa internasional, sehingga mereka benar-benar dipuji sepanjang jalan, kini itu semua sudah tak berlaku lagi. Semua itu ada zamannya masing-masing. Kini, dizaman yang sudah super edan ini, kemampuan bahasa Inggris sudah bukanlah hal yang WOW lagi, bahkan itu sudah menjadi hal yang biasa saja. Bahasa inggris memang sudah harus dikuasai, sehingga jika ada diantara kita yang hingga kini belum bisa berbahasa inggris, maka itu bisa dianggap keterlaluan. Disaat setiap orang menggap bahasa inggris itu adalah hal yang biasa, namun sobat malah menggap nya hal yang luar biasa, maka siap-siaplah untuk dimakan oleh zaman. Ingatkah kita bahwa manusia bisa menjadi srigala bagi manusia lainnya? Ya itu benar, karena jika kita  tak mampu berasaing, maka manusia yang lain akan dengan bernafsu melahap kita bulat-bulat.

Lantas apa yang harus gue lakukan? Apakah gue sudah telat belajar bahasa inggris? Gue sudah mencoba berkali-kali, namun gue tetap gagal sob. Gue bisa baca, tapi tidak paham artinya. Gue bisa listening, tapi gue tidak bisa reading. Gue paham artinya, tapi tidak bisa mengungkapkannya. Gimana donk? Yang jelas bukan salah bunda mengandung!!!

Nah… sobat pernah mengalami hal diatas tidak? Okelah kalau begitu, akan gue berikan tips belajar bahasa Inggris ala Restu alpiansah. Eits… ini ala gue ya, kalau mau ditiru silahkan, tidak juga tidak apa-apa. Karena setiap orang memiliki style nya masing-masing.

Dari lima hal dibawah ini bagian nomor berapa masalah elu?

  1. Tidak mengerti artinya, tidak bisa mengungkapkannya, dan tidak mengerti perkataan orang lain.
  2. Mengerti artinya, tidak bisa mengungkapkannya, dan tidak mengerti perkataan orang lain.
  3. Mengerti artinya, bisa mengungkapkannya, namun merasa bingung ketika mendengrkan orang lain berbicara
  4. Bisa mengungkapkannya dan bisa memahami perkataan orang lain, tapi terkadang tidak tahu arti beberapa kata
  5. Mengerti semua bagiannya, tapi hal yang belum bisa adalah tata bahasa atau grammarnya.

Sudah tau masalah elu ada dimana sob? So mari lanjut….

But, sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan sebelum mulai latihan berbahasa Inggris.

  1. NIAT
4255043
Luruskan Niat sob…

Hal yang paling dasar yang harus dipersiapkan dalam menjalankan berbagai macam aktivitas adalah niat. Apapun kerja keras yang akan kita laksanakan kalau tidak disertai dengan niat yang benar, maka hanya abu kehidupan saja yang akan kita dapatkan. Niat itu adalah komitmen kita terhadap diri kiti sendiri, kepada yang maha kuasa, dan terhadap sesama. Niatkan hati sobat untuk belajar bahasa inggris dengan sungguh-sungguh. Karena dengan niat yang sungguh-sungguh, ilmu yang akan kita pelajari akan berjalan bak air terjun yang jatuh dari atas mata air.

  1. HARUS KONSISTEN

juaraIni syarat kedua yang benar-benar harus sobat persiapkan. Segala sesuatu tidak akan berjalan lancar jika sobat sendiri tidak istikomah atau konsisten dalam menajalannkannya. Percuma belajar 1 hari full bahasa inggris, namun berikutnya tidak belajar lagi. Atau bahakan hanya sporadis. Sobat, cara itu tidak akan berhasil. Karena belajar itu memakan proses, maka belajar bahasa inggris itu juga harus membutuhkan jiwa konsisten. Konsisten memang sangat mudah diucapkan, tapi percaya, gue adalah salah satu orang yang benar-benar merasakan yang namanya kesulitan menjadi orang yang benar-benar konsisten dalam belajar. Ketika kita sedang berusaha untuk menjadi konsisten, di tengah jalan nanti akan terdapat milyaran hambatan yang akan mengganggu kita. Sehingga jika dari awal kita memulainya dengan niat yang tidak lurus, maka hanya sekali kibasan angin saja jiwa ini akan terlena untuk meninggalkan niat konsisten terebut. Namun jika niat sudah mulai diluruskan dari awal, maka sesungguhnya seluruh malaikat yang ada di muka bumi ini akan membantu kita untuk tetap berada pada jalan yang benar. So, jika sobat masih belum bisa bersikap konsisten nantinya, lebih baik perbaiki dulu yang satu ini, karena jika tidak, belajar bahasa inggris hanya akan menajdi sesuatu yang sia-sia saja.

  1. TEKUN

pekerja_keras112759Yang satu ini juga merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun jika dari awal kita sudah memiliki niat untuk bisa dan ingin belajar, maka ia akan sangat mudah untuk dilakukan. Cara untuk menjadi tekun adalah paksakan diri selama 4-5 hari untuk belajar bahasa inggris dengan teratur, maka setelah itu seluruh anggota tubuh akan diatur untuk menjadi orang yang tekun. Masa awal adalah masa yang sulit untuk dilakukan, sehingga jika sobat mampu menaklukkannya, maka sobat tak perlu untuk berperang melawan penjajah untuk bisa dikatakan pahlawan, namun dengan hanya mampu melawan nafsu dan kemalasan saja sobat sudah mampu diabdikan sebagai seorang pahlawan.

  1. BERANI

fast_runnerBerani dalam segala hal tentunya. Belajar bahasa inggris akan memerlukan tingkat keberanian yang sangat tinggi. Jika tidak, maka bisa bahasa inggris hanya akan menajadi mimpi belaka semata. Ketika teman-teman sedang belajar bahasa inggris, sobat dituntut untuk beraksi dengan cara berani mengungkapkannya. Berani salah, berani dicela , dan lain sebaginya. Sedangkan jika sobat tidak memiliki keberanian, maka yang sobat akan dapatkan bukanlah ilmu, namun kekecawaaan. Mengingat lingkuangan kita terkadang mengejek orang yang belajar bahasa inggris, sehingga proses untuk belajar bahasa inggris terkadang memang sangat memerlukan yang namanya keberanian.

  1. PANTANG MENYERAH

687474703a2f2f61332e696d672e6d6f6279706963747572652e636f6d2f31333535363431356265303765646162303265303031643434613039353666615f766965772e6a7067Gagal itu adalah hal yang biasa. Semakin banyak kita gagal, maka akan semakin dewasa kita untuk menghadapi kerasnya kehidupan ini. Ketika belajar bahasa inggris, sobat terkadang akan dihantui rasa malas yang menyebabkan sobat akan meninggalkan kebiasaan belajar. Sobat akan dihampiri rasa kecewa karena mendapat ejekan dari orang lain. Jika sobat langsung menyerah karena hal-hal tersebut, maka sobat sudah kalah sebelum perang. Oleh karena itu, apapun yang sobat ditemui dipertengahan jalan nanti, badai, hujan, petir, atau apapun itu, teruslah berjalan tanpa menengok kevbelakang, karena ejekan itu hanya besifat sementara. Seteleh ia melihat kegigihan kita, lama-lama ia akan surut juga seperti air pantai yang surut dimalam hari.

Nah sob… kalau lima hal diatas sudah sobat siapkan dengan matang, so  I will say congratulation for that, karena sobat sudah berada dipertengahan jalan untuk mempelajari bahasa inggris.

Baik kalau semua hal diatas sudah dipersiapkan dengan matang, kini saatnya kita mengetahui tips belajar bahasa inggris ala Restu Alpiansah… hehehehe

  1. ONE DAY 5 VOCAB EVERY MORNING AND NIGHT

UntitledSobat sekalian, untuk bisa berbahasa inggris, sobat sendiri harus meluangkan sedikit waktu untuk menghafal kosa kata bahasa inggris. Dalam berbagai aspek bahasa inggris, aspek yang paling utama adalah kosa kata. Kosa kata adalah awal dari semuanya. Nasib belajar bahasa inggris berada pada berapa banyak hafalan yang sudah kita miliki. Semakin banyak kosa kata yang kita kuasai, maka akan semakin cepat untuk kita bisa reading, listening, speaking dan grammar. Begitu pula sebaliknya, jika perbendaharaan kata sobat masih rendah, yang ada sobat akan meneumukan berbagai macam batu ditengah jalan mempelajari bahasa inggris. Nah, agar tidak ada hambatan ditengah jalan, sobat harus meningkatkan perbendaharaan kata bahasa inggris sobat sekalian. Pada waktu pagi, sekitar pukul 5 pagi, adalah waktu yang paling tepat untuk menghafalkan 5 kosakata bahasa inggris. Hafalkan kosa kata yang teman-teman ingin hafalkan, atau jika bingung mau menghafalkan kosa kata yang mana, sobat bisa membuka kamus, dan memulai memilih 5 kosakata dari huruf A ke Z. Mudah bukan? Yang jelas tidak akan repot. Hafalkan dengan cara menyebutnya keras-keras. Karena belajar dengan memanfaatkan seluruh indra kita akan membantu kita untuk lebih mudah memahami apa yang sedang kita hafalkan. Lakukan ini setiap hari, konsisten saja, maka dalam 1 bulan sobat sudah bisa mendapatkan 150 kosa kata. Bayangkan saja jika itu di lakukan selama 1 tahun, tentunya sudah ribuan yang sobat bisa dapatkan. Hafalannya cukup lima saja, karena diawal memang sangat mudah rasanya menghafalkan lima kosa kata, namun jika sudah lebih dari dua minggu melakukannya, perasaan malas akan mulai menghampiri. Disinilah iman kita akan diuji. Apakah kita akan tetap konsisten atau tidak, itulah alasan mengapa gue saranin lima saja. Karena takutnya nanti terlalu berat. Dan malah membuat sobat sekalian berhenti belajar bahasa Inggris.

  1. USE THE VOCAB IN YOUR DAY

51d56e5f-d5fc-4c33-8611-375acf2d405a_27Setelah menghafalkan kosa kata, tentunya kita menginginkan agar apa yang kita hafalkan tersebut tetap melekat di kepala kita. Dengan cara menghafal saja, kosa kata itu hanya akan melekat dalam waktu 1 hari saja. Karena setelah menghafalkan kosa kata yang baru, ia akan hilang secara alami. Sehingga hafalan yang kita lakukan sebelumnya akan mejandi sia-sia. Oleh karena itu, agar hafalan kita tidak hilang, sobat harus langsung memakainya di lingkungan sehari-hari. Simple seperti ini, sobat kan sudah mengahafalkan kosa katanya pada pagi hari, nah waktu kuliah atau main-main sobat langsung memakai kosa kata tersebut dengan teman-teman sobat. Jangan malu, cuma sebut kosa katanya saja, tanpa harus mengucapkan kalimatnya. (tapi menggunakan kalimatnya akan menjadi lebih baik). Kunci untuk menguasai kosa kata bahasa inggris adalah dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jika kosa kata tersebut sudah sobat gunakan dalam lingkungan sehari hari, maka dijamin, hafalan nya sobat ibarat menulis diatas batu. Akan sulit hilangnya. Buktikan saja sob…

  1. CINTA LAURA AND VICKY STYLE

Sobat kenal Cinta Laura kan? Masak nggak sih.. keterlaluan kalau tidak tahu. Cinta laura terkenal dengan parasnya yang cantik dan gaya berbicaranya yang khas. Apa hubungannya dengan belajar bahasa inggris?  kalau sobat perhatikan, gaya berbicara cinta laura itu unik. Ada bahasa indonesia yang dicampur dengan bahasa inggris. terdengar lucu memang, namun kita dapat mengambil pejajaran dari sana. Kalau Vicky tau tidak? Itu loeh mantan si zaskia gotik si goyang itik…. Nah apalagi nih hubungannya dengan bahasa inggris? vicky itu selain terkenal dengan kebohongannya kepada zaskia gotik, ia juga terkenal dengan gaya bahasanya yang gimana gitu. Yang perlu ditiru dari Cinta Laura adalah cara dia berbicara dengan menggabungkan bahasa inggris dengan indonesia. Sobat yang baru belajar, jika masih sungkan untuk berbicara full english, sobat bisa memulainya dengan berbicara setengah bahasa inggris dan indonesia. Lama-lama sobat akan terbiasa dan akhirnya bisa berbicara full english. Contohnya:

A: Hey friend… lagi ngapain tuh?

B: Lagi working sesuatu nih… then you?

A: mm…. mau go ke kampus nih…. Elu kapan go ke kampus? Sudah late kayaknya ini..

B: its okey kok bro…. kita fine aja kok sama dosennya….. beliau kind banget sama kita

A: oh… like that ya…

Nah gimana??

Untuk vicky maksudnya seperti ini. Hal yang perlu sobat tiru dari beliau adalah keberaniannya dalam berbicara bahasa inggris. meskipun ia tidak bisa, ia tetap mencoba, ia tak pernah takut salah. Sobat tau sendiri kan kalau dia selalu diejek dan dicerca karena bahasa nya yang dianggap jelek? Tapi apa yang dilakukannya? Ia malah tetap berusaha untuk mencoba. Nah sobat juga harus bisa seperti vicky. Jangan takut salah, karena kesalahan itu adalah awal dari sebuah keberhasilan.

  1. RECORDING

cbt_recordingUntuk menguji dan membuktikan jika bahasa inggris sobat sudah bagus atau tidak adalah dengan merekam suara sobat sendiri ketika sedang berbicara bahasa inggris. Dengan merekam suara sobat, hasil rekaman tersebut dapat memberikan sobat bahan evaluasi untuk menilai sendiri kemampuan bahasa inggrisnya sobat. Seteleh memutar suranya sobat, kemudian bandingkan dengan  suara film yang sobat inginkan. Dari sana sobat sudah bisa menarik kesimpulan, apakah bahasa inggrisnya sobat sudah mirip orang asli atau tidak. Jangan sampai pengucapannya masih berlogat lombok atau Indonesia.

  1. THE MIRROR
1763
Tapi jangan keboboolan merias diri ya…. hehehe

The mirror yang gue maksud disini adalah dimana sobat sendiri belajar bahasa inggris sambil berbicara sendiri didepan cermin. Hal ini dilakukan untuk melatih rasa percaya diri sobat sekalian. Cermin yang sobat perhatikan akan memberikan gambaran mengenai visualisasi diri sobat. Dari sana sobat bisa melihat gerakan mulut dan ekspresi sobat dalam berbahasa inggris. Dengan demikian sobat akan dapat melakukan evaluasi mengenai kelebihan yang sobat miliki dan kekurangan yang harus segera ditutupi agar penampilan sobat dalam berbahasa inggris lebih prima. Melalui cermin sobat juga bisa menganggap ia sebagai lawan berbicara, hal ini dilakukan agar sobat menjadi terlatih ketika nantinya harus berhadapan secara langsung dengan orang lain, tujuan tidak lainnya adalah agar sobat tidak kikuk atau nervous pada saat melakukan percakapan bahasa inggris dihadapan orang lain.

  1. IN MY DRIVE

Tips-Tehnik-BerkendaraKetika sobat sedang mengendari mobil atau motor, namun khususnya motor , terkadang sobat sering melamun memikirkan seesuatu yang tidak karuan, yang justru akan menghilangkan konsetrasi sobat dalam mengendarai motor. Tentunya hal ini tidak baik bagi keamanan jiwa sobat sekalian. Nah yang gue lakukan pada saat di motor adalah memanfaatkan moment tersebut sebaik-baiknya dengan cara berbicara bahasa inggris tanpa arah. Maksudnya tanpa arah adalah bahwa gue berbicara bahasa inggris asal sebut saja tanpa ada topik yang melimitasinya. Hal ini bukan bertujuan untuk melatih grammar, namun untuk melemaskan lidah sobat agar tidak kaku dalam mengucapkan kata-kata bahasa inggris. Ohya, agar lidah sobat benar-benar lemas dan fasih dalam mengucapkan kata-kata bahasa inggris,  sebelumnya sobat harus melemaskan lidah sobat terlebih dahulu, agar nantinya lidah sobat tidak keseleo. Sobat bisa mengucapkan kata-kata ini dengan cepat:

What about down town brown your mouth now au

Or

The quick brown fox jump over the lazy dog

Agak sulit memang mengucapkan dengan cepat, namun jika sobat sudah terbiasa melakukannya, maka sobat akan lebih mudah lagi melafalkannya. Ohya, dua kata tersebut juga bisa sobat ucapkan pada saat di kamar mandi. Biasanya berlatih bahasa inggris di dalam kamar mandi bisa lebh efektif, karena biasanya suara kita akan lebih kebaarat-baratan. Jika penasaran silahkan dicoba…

  1. IN THE BATH ROOM

singing-in-showerKamar mandi terkadang dijadikan oleh sebagian orang sebagai tempat karokean. Hehe… termasuk gue… nah dari pada nyanyi nggak jelas, bicara bahasa inggris saja disana. Ngomong nglantur aja. Meskipun tidak tahu artinya. Yang penting ngomong. Toh kalau sobat salah tidak ada orang yang akan memarahi. Tujuannya adalah agar lidah sobat menjadi lemas dan terbiasa mencerna kosa kata bahasa inggris. hal ini juga bertujuan agar sobat tidak malas dalam berbicara. Bicara saja semaunya didalam kamar mandi. Toh… Cuma ada sobat kan disana?

  1. THE MUSIC AND MOVIE
IMG20160326083951
Denger lagu berbahasa inggris…

Nah… untuk melatih listenignya sobat, sobat kudu rajin-rajin mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. hal ini bertujuan agar sobat dapat mengetahui cara pengucapan bahasa inggrinsya. Agar nantinya tidak salah dalam mengucapkan. Jika sobat rajin, maka kemampuan listening sobat akan meningkat. Begitu juga dengan menonton film. Usahkan hilangkan subtitlenya, atau pakai subtile bahasa inggris, hal ini akan dapat meningkatkan kemampuan kosa kata dan listening sobat sekalian.

  1. THE CLUB

The club disini adalah mengikuti organisasi atau komunitas yang bergelut dalam bidang bahasa inggris. Di kampus sobat sendiri mungkin ada English club, atau kegiatan sejenis lainnya. Kalau ini ada, segera manfaatkan peluang ini dengan baik. Jangan berdiam diri di tempat, langsung daftarkan diri untuk menjadi anggotanya. Mengikuti club bahasa inggris memiliki banyak sekali manfaat. Disinilah tempat menguji semua materi bahasa inggris yang sudah kalian pelajari. Disini adalah tempat praktiknya. Seperti yang gue bilang sebelumnya, belajar sendiri saja tidak cukup, sobat memerlukan wadah untuk menyalurkan bahasa inggris sobat. Di club ini sobat bisa mencoba nyerocos dalam bahasa inggris, tenang saja, disini itu biasanya lingkungannya sudah benar-benar inggris banget. Sobat tidak perlu merasa malu dan sungkan untuk berbicara bahasa inggris, dan satu lagi sobat sendiri tidak perlu takut salah, karena kalian adalah orang orang yang sama-sama belajar. Justru disinilah sobat bisa saling mengoreksi satu sama lain. Kalau di kelas atau di rumah mungkin terasa malu untuk berlatih bahasa inggris, maka english club adalah solusinya.

  1. A WEEK ONE GRAMMAR

51Df-3FuGAL._SY344_BO1,204,203,200_Terakhir adalah belajar grammar atau tata bahasa. Mengapa gue menaruh grammar dalam posisi terakhir? Karena jika sobat belajar grammar terlebih dahulu, sobat akan menjadi kurang bebas dalam berkespresi, sehingga kegiatan belajar bahasa inggrisnya sobat akan menjadi kaku, yang tentunya akan menghambat proses belajarnya sobat. Grammar itu sangat penting, karena tidak mungkin kita akan mengucapkan bahasa tanpa aturan. Apa bedanya kita dengan bahasa inggris ibu-ibu yang berjualan di pantai? Ya letak perbedaanya adalah pada grammar. Mereka cenderung menggunakan bahasa inggris yang pasaran, asalkan bisa bicara. Sedangkan kita sebagai seorang terdidik tidak mungkin menyamakan diri dengan orang yang masih kurang. Oleh karena itu, belajar grammar sangat perlu. Kebayang tidak, jika tanpa grammar kita akan mengatakan:

“I food eat morning?”

Lucu kan?

Nah caranya adalah, selesai bangun pagi, cuci muka, buka buku grammar bahasa inggris, palajari satu materi saja. Misalnya hari ini hanya belajar Time, besok pagi belajar Kata sifat, besoknya lagi belajar Simple Present Tense, dan seterusnya. Jika sobat tetap konsisten, makan mengerjakan tes toefl, toeic, ataupun Eilts akan terasa mudah.

Nah sobat gimana? Sudah mulai semangat buat belajar bahasa inggris lagi kan? Jangan khawatir dengan kesalahan. Sebagai manusia biasa, yang namanya kesalahan itu adalah hal yang biasa. Ketika salah, tetaplah menengok kedepan, jangan sekali-kali melihat kebelakang. Biarkan orang lain mencibir, karena cibiranlah yang terkadang memotivasi kita untuk bisa. Ingetkan, semakin besar ujian yang tuhan berikan kepada kita, maka akan semakin besar pula hadiah yang kita dapatkan. Sederhananya, semakin bagus kualitas barang yang kita inginkan, maka harus semakin besar pula nilai rupiah yang harus kita bayarkan. Jangan berharap duren jatuh dimusim rambutan , karena itu adalah suatu kemustahilan. Jangan menyerah dan tetap berjuang, tuhan tidak pernah tidur, ia pasti akan senantiasa menghitung setiap pengorbanan yang sudah kita torehkan. Yakin… siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia akan memetik hasilnya dikemudian hari.

Semangat
Jangan mudah menyerah ya…

Tulisan ini tidak berusaha untuk menggurui dan lain sebaginya, niat gue cuma ngeshare doank. Karena gue juga masih jauh dari kata Expert, namun gue cuma mau melihat orang lain juga bisa, dan bahkan bisa lebih baik dari gue maupun orang yang sudah bisa lainnya. Semangat…….

Advertisements

16 Comments Add yours

  1. Yuhu… kerennnn… 😇

    Liked by 1 person

    1. Thanks sudah comment mbak fera… Love you

      Liked by 1 person

      1. Komen aja di thanks… apalagi kalau disenyumin yakkk 😊😊😊😊😊

        Liked by 1 person

      2. ayo kapan kita ketemu mbak… traktir etu deh… hihihii

        Liked by 1 person

      3. Haahhhh??? Gw traktir elu… kebalikkk kelesss

        Liked by 1 person

      4. mbak yang sudah bergaji… hiks…

        Liked by 1 person

      5. Nah lo… gaji dari maaanaa??? Orang masih tergeletak dirumah. Masih recovery process after surgery kemarinn… ehmmm Seharusnya dijengukin malahan. Beliin aggur kek apel kek… ehmmm

        Liked by 1 person

      6. Mau dibelikan mobil mbak?

        Liked by 1 person

      7. Mobil2an dipasar harga 10rban itu ya…

        Liked by 1 person

      8. Nah itu tau mbak… HIks…

        Liked by 1 person

    2. Thanks mbak fer…

      Like

  2. very very bermanfaat
    hehehe

    Like

    1. Thankssss yaaa

      Like

  3. UNI says:

    sengaja banget naruh foto yang lagi denger musik.wkwkwk promosi :p

    but..tipsnya kereeenn banget. Like this yoooooo hihi

    Liked by 1 person

    1. Okey kakak suni syantik….tralalalala…… hihihi….

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s