Critical Review: Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Etika Audit Sebagai Variabel Pengendali.

CRITICAL REVIEW

ORIENTASI PENELITIAN
FENOMENA YANG DITELITI Fenomena yang diteliti dalam penelitian ini adalah terkait dengan apakah kompetensi dan independensi auditor berpengaruh terhadap kualitas audit yang diberikan. Hal ini sangat penting untuk diteliti dikarenakan oleh beberapa kasus kecurangan audit yang pernah terjadi sebelumnya, seperti kasus Enron di Amerika Serikat, dan kasus Telkom tentang tidak diakuinya KAP Eddy Pianto oleh Security Exchange Comission di Indonesia. Oleh sebab itu, penelitian mengenai pengaruh Kompetensi dan Indpendensi auditor terhadap kualitas audit sangat perlu untuk dilakukan.
RESEARCH GAP Menurut penelitian ini, kompetensi berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit, sedangkan menurutu Halim, dkk(2007) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas auditor, sedangkan interaksi kompetensi dan etika auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.
KEBARUAN PENELITIAN Penelitian ini mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Alim, dkk(2007) yang meneliti mengenai pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel moderasi. Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian ini adalah terletak pada sampel penelitian. Peneliti mengambil sampel penelitian pada auditor internal di BPKP DKI Jakarta , sedangkan penelitian sebelumnya mengambil sample penelitian di KAP di daerah Jawa Timur.
RESEARCH QUESTION 1.Apakah kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

2.Apakah interaksi kompetensi dan etika auditor berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas audit?

3.Apakah independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

4.Apakah interaksi independensi dan etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit?

TUJUAN PENELITIAN Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit dengan etika auditor sebagai variabel moderasi pada internal auditor BPKP DKI Jakarta.
KERANGKA PENELITIAN DAN HIPOTESIS
GRAND THEORY Dalam artikel ini, grand theory yang digunakan adalah Agency Theory, karena kualitas audit tidak dapat dipisahkan dari teori keagenan. Teori keagenan membahas tentang adanya hubungan keagenan antara prinsipal dengan agen.
HIPOTESIS YANG DIUJI 1. Kompetensi berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit.

2. Interaksi Kompetensi dan Independensi berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit.

3. Independensi berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit.

4. Interaksi Independensi dan Etika Auditor berpengaruh positif terhadap Kualitas Audit.

MODEL PENELITIAN
LUARAN PENELITIAN
TEMUAN HASIL PENELITIAN 1. Hipotesis pertama yang diuji dengan regeresi linear berganda menyatakan bahwa kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

2. Hipotesis kedua yang diuji dengan Moderate Regression Analysis (MRA) menyatakan bahwa interaksi kompetensi dan etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

3. Hipotesis ketiga yang diuji dengan regresi linear berganda menyatakan bahwa independensi berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

4. Hipotesis keempat menyatakan bahwa interaksi indpendensi dan etika auditor berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit.

IMPLIKASI HASIL PENELITIAN Berdasarkan hasil analisis 9 dari 82 sampel, maka diambil kesimpulan bahwa kompetensi dan independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Penelitian ini berimplikasi pada auditor internal BPKP DKI Jakarta. Adanya pengaruh kompetensi, independensi dan etika auditor terhadap kualitas audit yang dilaksanakan oleh auditor internal BPKP DKI Jakarta menunjukkan bahwa penugasan terhadap audit serta segala hal yang menyangkut pemerintahan seperti organisasi, fungsi, program dan kegiatan pemerintah akan dapat ditunjang oleh independensi dan etika yang dimiliki oleh auditor. Oleh karena itu peneliti menganjurkan agar auditor internal BPKP DKI Jakarta terus menjaga kompetensi, indpendensi dan etika yang dimiliki dengan memahami  lebih dalam mengenai kewajiban dan nilai-nilai yang harus dijalankan ketika menjadi auditor internal pemerintah. Respon atau tindak lanjut yang tidak tepat terhadap laporan audit akan dapat menurunkan independensi dan etika auditor.

 

 

MANFAAT PENELITIAN Dengan adanya penelitian ini diharapkan ada manfaat yang dapat diambil bagi semua pihak yang berkepentingan. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk:

1.      Memahami bagaimana peran kompetensi dan independensi yang dimiliki auditor  internal untuk meningkatkan kualitas audit

2.      Penelitian mengenai kualitas audit penting bagi BPKP dan auditor agar dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas audit dan selanjutnya

meningkatkannya. Dapat membawa organisasi ke arah yang lebih baik, terutama pada BPKP DKI Jakarta.

Bagi pemakai jasa audit, penelitian ini penting agar dapat menilai apakah auditor internal konsisten dalam menjaga kualitas audit yang diberikannya

KRITIK ARGUMENTATIF
KESESUAIAN FENOMENA DENGAN MASALAH YANG DITELITI Menurut saya antara fenomena dengan masalah yang diteliti sudah tepat, dimana peneliti membicarakan fenomena kualitas auditor terkait dengan independensi dan etikanya, sedangkan masalah yang diteliti terkait pula dengan independensi, kompetensi, etika, dan kualitas audit.
URGENSI RUMUSAN MASALAH Menurut saya ketajaman rumusan masalah sudah tepat, karena rumusan masalah yang diberikan oleh peneliti mampu menggambarkan penelitian secara komprehensif.
KESESUAIAN GRAND THEORY YANG DIGUNAKAN Terkait dengan kualitas audit, teori keagenan sudah sangat tepat digunakan, karena kualitas audit tidak akan pernah lepas dari teori keagenan.
KESESUAIAN METODE YAN DIGUNAKAN Menurut saya penggunaan regresi linear berganda pada  pengujian hipotesis satu dan tiga sudah tepat. Kemudian untuk pengujian hipotesis kedua dan keempat menggunakan uji interaksi untuk menguji variable moderating yang berupa etika auditor dengan menggunakan MRA sudah tepat.

Namun internal validitinya menurut saya masih lemah, dikarenakan peneliti tidak malakukan interview langsung kepada auditor yang menjadi sample penelitian.

KESESUAIAN MASALAH DENGAN TUJUAN PENELITIAN Menurut saya, antara masalah yang diteliti dengan tujuan penelitian sudah sesuai. Dimana masalah atau fenomena yang diangkat didalam latar belakang adalah terkait dengan Independensi dan kompetensi auditor, sedangkan tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah kompetensi dan independensi berpengaruh terhadap kualitas audit.
KESESUIAN DATA DENGAN ALAT ANALISIS Menurut saya antara data dan alat analisis data yang digunakan sudah tepat.
SARAN PERBAIKAN
PERLUASAN PENOMENA Kelemahan dari penelitan ini adalah dimana objek penelitian yang diambil masih sangat sempit, yakni hanya pada kawasan DKI Jakarta, sehingga saya berniat untuk memperluasnya menjadi daerah Nusa Tenggara Barat dan DKI Jakarta.
JUSTIFIKASI GRAND THEORY YANG LEBIH TEPAT Menurut saya Agency theory masih sangat tepat untuk digunakan untuk jenis penelitian seperti ini. Karena apabila kita membicarakan kualitas audit, maka agency theory akan selalu menjadi refrensi utamanya.
PENDEKATAN METODE ANALISIS YANG DIGUNAKAN Karena dalam penelitian ini internal validitinya masih lemah, saya bermaksud untuk menambahkan metode penelitiannya dengan menggunakan teknik wawancara untuk mendapatkan data penelitian.
PENGEMBANGAN VARIABEL PENELITIAN Dalam penelitan ini, variabel moderasi yang digunakan hanyalah etika auditor, padahal masih banyak variabel perilaku lain maupun faktor kondisional lain yang dapat mempengaruhi kualitas audit. Sedangkan pengembangan variabel yang sakan saya laKukan adalah menambahkan variabel X nya. Tekanan waktu akan saya masukkan sebagai tambahan variabel X. Sehingga judul selanjutnya yang akan dikembangkan adalah Pengaruh Independensi, Kompetensi, dan Tekanan Waktu terhadap kualitas audit dengan Etika Audit sebagai Variabel Moderasi.

 

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s