Ketika Keringat Sudah Bisa Terkonversi Menjadi Uang, Tetaplah Rendah Hati.

Tetaplah semangat mencari uang demi masa depan, namun tetaplah ingat bahwa dunia itu senantiasa berputar, sehingga tidak ada sesuatu yang akan abadi berada diatas sana. Suatu saat kita juga akan kembali berputar ke posisi yang bawah.

mari-bekerja

Selesai menamatkan diri dari bangku kuliah, bekerja tentunya adalah hal yang menjadi cita-cita kita berikutnya. Banyak hal yang kita lakukan untuk bisa memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita. Setelah mendapatkan pekerjaan, tentunya kita sudah mampu mencari uang sendiri, yang tentunya harapannya adalah mampu mengurangi beban orang tua. Namun sayangnya, tidak banyak diantara kita yang sudah mampu mencari uang sendiri, malah terlena dengan kenikmatan yang diperolehnya, sehingga ia menjadi orang yang lupa diri. Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan, meskipun sudah memiliki pekerjaan namun tetap mampu untuk menjadi orang yang rendah hati.

  1. AMAL DAN BERBAGI WALAU SECUIL

Beramal adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan sebagai ungkapan syukur kita kepada yang maha kuasa atas karunia dan rezeki yang telah diberikannya kepada kita. Teman-teman tentunya sudah tau, barang siapa yang mengamalkan sedikit rezekinya, maka kelak tuhan akan menggantinya dengan berpuluh-puluh lipat. Dengan menyisihkan sedikit saja rezeki kita yang kita miliki, itu sebenarnya secara tidak langsung telah melatih kita untuk senantiasa bersyukur kepada yang maha kuasa. Beramal menjadikan kita tidak lupa diri akan posisi kita yang sekarang. Tentunya kita juga pernah mengalami pahitnya berada pada posisi bawah, oleh karena itu kita akan menjadi orang yang lebih pandai dalam bersyukur.

  1. MEMBERSIHKAN BAD ROOM SENDIRI

Sesibuk apapun kita dalam bekerja, itu bukanlah alasan untuk tidak bisa meluangkan sedikit waktu untuk membersihkan atau merapikan kamar pribadi kita sendiri. Meskipun sudah mampu menghasilkan uang sendiri, bahkan sudah mampu untuk menggaji orang lain, tetaplah menjadi orang yang mandiri. Selama pekerjaan itu mampu kita kerjakan sendiri, mengapa kita harus meminta orang lain untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya kita bisa lakukan sendiri? Membersihkan kamar sendiri akan menjadikan kita tetap rendah hati karena kita akan senantiasa mengingat perjuangan kita sebelum kita berada posisi yang saat ini kita nikmati.

  1. MENCUCI BAJU SENDIRI TANPA LAUNDRY

Terkadang dengan kesibukan dalam bekerja, sebagian diantara kita mencari jalan pintas dalam hal baju cucian. Tidak ingin repot dan lain sebagainya, membuat kita memilih untuk mencuci baju dengan menggunakan jasa laundry. Namun tahukah anda, mencuci baju sendiri akan memberikan manfaat yang secara tidak langsung kepada kepribadian kita masing-masing. Mencuci baju melalui laundry sebenarnya hanya akan menjadikan kita orang yang manja dan tidak bisa mandiri. Jika anda menyayangi kekasih anda, tentunya anda akan memilih membersiihkan pipinya sendiri  tanpa meminta bantuan orang lain, karena anda merasa sang kekasih adalah milik anda. Begitu pula dengan pakaian anda, ia adalah milik anda sendiri. Jadi biarkanlah tangan anda sendiri yang memberishkannya. Hal ini tentunya akan membuat kita senantiasa mengingat pengorbanan-pengorbanan masa lalu yang pernah kita lakukan sebelum kita sesukses saat ini.

undang-rahmat-allah-dengan-kerja-keras_1442889452

  1. TIDAK TERLALU MEMANJAKAN DIRI DENGAN MAKANAN FAST DAN JUNK FOOD

Ketika kantong sudah tak sekering ketika sebelum bekerja, kini kita akan menemui masalah baru. Ketika kantong sudah berisi, uang sudah tak menjadi masalah lagi, kita merasa sudah mulai untuk menaikkan level makanan kita. Namun sayang, mungkin banyak diantara kita yang salah mengartikan menaikkan level makanan itu sendiri. Kita lebih banyak mengartikan high level food itu adalah junk food dan fast food yang banyak disediakan di restoran dan mall ternama didaerah kita masing-masing. Ingatlah, ketika kita sudah memiliki gaji, bukan berarti kita harus semaunya dalam menggunakan gaji kita sendiri. Tetaplah rendah hati dalam mengonsumi makanan-makanan sederhana yang ada dikantin, yang bahkan gizinya lebih baik dibandingkan dengan makanan-makanan yang ada di mall-mall mewah.

  1. MENYEMPATKAN DIRI UNTUK MENENGOK KEBAWAH

Berada pada posisi atas memang sangat menyenangkan. Setiap orang memiliki keinginan tersebut. Namun, meskipun kita sudah berada diatas, kita harus senantiasa ingat, bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk dalam hal posisi atau jabatan dalam pekerjaan. Jangan mudah bertinggi hati, jangan terlalu terlena menengok ke atas, sekali-kali menengoklah kebawah, agar kita tetap sadar, bahwa ada banyak orang dibawah sana yang sedang berjuang menggapai mimpinya seperti yang pernah kita lakukan juga sebelumnya. Menyempatkan diri untuk menengok kebawah tentunya akan senantiasa menyadarkan kita bahwa kita dulu asalanya adalah bawah.

  1. APAPUN POSISINYA, SENYUM ITU TIDAK MENGENAL DERAJAT

Senyum adalah ibadah. Maka semakin banyak senyuman yang kita tebarkan kepada semua orang, maka akan semakin banyak pula pahala yang akan kita dapatkan dari yang maha kuasa. Senyum dapat memberikan banyak makna kepada orang yang menerima. Orang terkadang tak memerlukan uang untuk bahagia melihat kita, namun cukup dengan senyuman orang lainpun sudah merasa bahagia dengan kita. Meskipun saat ini kita sedang berada pada posisi atas, bukan berarti kita akan tebang pilih dalam memberikan senyuman. Tebarkanlah senyuman kepada siapapun. Senyuman sama sekali tak mengenal kasta.

  1. SIMPAN GAJIMU SEBAGAI SAVING MESKIPUN HANYA 5%

Memiliki gaji 2.5 Juta keatas terkadang membuat kita menjadi terlena dan terbawa arus sifat boros. Gaji tersebut terkadang menjadikan kita menaikkan level kehiduipan kita dalam berbagai aspek. Gaji yang cukup besar terkadang membuat kita lupa diri dan tidak menyempatkan diri untuk menabung. Mari belajar menjadi orang pintar dengan meangalokasikan sekitar 5% dari gaji kita sendiri sebagai saving, yang nantinya tentu dapat kita gunakan pada saat kita dalam keadaan terjepit. Meskipun sekarang sudah bergaji, kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kelak kepada diri kita sendiri.

tips-pacaran-dengan-cowok-super-sibuk

  1. TIDAK TERLALU TERLENA DENGAN KEHIDUPAN GLAMOUR

Jauhi kehidupan yang berbau glamour karena itu semua hanya akan membawa kita kedalam permasalahan. Mengapa demikian? Apabila kita sudah terkena dampak kehidupan glamour, maka tuntutan hidup kita akan semakin tinggi. Bahkan tuntutan hidup akan melebihi gaji yang kita miliki. Sehingga kelak jika membutuhkan uang, kita tak akan sungkan untuk meminjam hanya untuk sekedar memenuhi kehidupan glamour kita sendiri. Oleh karenanya, tahanlah nafsu kita untuk hidup glamour yang kelak dapat menghancurkan diri kita sendiri.

  1. JANGAN MEMAKSAKAN HIDUPMU MELAMPAUI STANDAR HIDUPMU YANG SEBENARNYA

Jika gaji kita hanya 2 Juta, maka hiduplah minimal seharga 2 Juta atau kebawah. Kondisikanlah antara pola hidup dengan gaji yang kita miliki, mereka berdua harus seimbang. Jika tidak seimang, maka yang akan timbul adalah permasalahan yang pelik yang nantinya dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan pribadi kita sendiri. Janganlah memaksakan diri untuk hidup seperti orang lain yang memiliki gaji diatas kita. Karena jika kita tetap memaksakan diri bergaya hidup diatas standar hidup kita sendiri, bisa jadi kelak kita akan melakukan berbagai macam cara demi dapat memenuhi standar hidup tinggi yang telah kita tetapkan.

  1. JANGAN LUPA TUHAN. BERDOALAH.

Hal ini berada pada posisi terakhir bukan berarti ia tidak paling penting diatara 9 hal diatas. Justru doa adalah hal yang paling wajib kita lakukan. Berdoa kepada yang maha kuasa akan senantiasa mengingatkan kita bawha segala rizki yang kita dapat saat ini adalah pemberian darinya. Sehingga apabila kita senantiasa berdoa dan mensyukuri nikmatnya, maka kita akan senantiasa rendah hati dalam menjalani kehidupan ini.

Dari apa yang telah saya ungkapkan diatas, tentunya masih banyak hal-hal lain yang dapat kita lakukan agar kita tetap menjadi orang yang rendah hati meskipun sudah mampu menghasilkan uang sendiri melalui keringat sendiri. Tentu perlu diingat, pekerjaan adalah suatu kenikmatan yang hanya bersifat sementara, jangan biarkan posisi kita dalam suatu pekerjaan menjadikan kita orang yang tinggi hati dan sombong sehingga malah memunculkan banyak musuh yang membenci diri kita. Tetaplah semangat mencari uang demi masa depan, namun tetaplah ingat bahwa dunia itu senantiasa berputar, sehingga tidak ada sesuatu yang akan abadi berada diatas sana. Suatu saat kita juga akan kembali berputar ke posisi yang bawah. Semangat bekerja…..

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s