Hey Yang Sudah Usia 21 (Usia Skripsi), Sudah Siapkan Ini Belum??

Belajar tidak hanya sekedar dibangku sekolah atau kuliah semata, namun lingkungan sekitarpun dapat menjadi ladang untuk menuntut ilmu yang sangat luas.

memasukai-dunia-kerja

Hai sahabat sekalian, bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja dan senantiasa berada dibawah lindungan yang maha kuasa. Kali ini saya muncul kembali dengan membawa topik mengenai usia. Berbicara mengenai usia bagi sebagian orang merupakan sesuatu yang sensitif. Bagi sebagian orang, usia adalah hal yang bersifat privacy. Namun apapun itu masalahnya, sensitif tidak sensitif, kali ini saya akan membahas mengenai usia khususnya bagi sahabat sekalian yang berusia 21. Usia ini merupakan usia yang tidak boleh dianggap remeh atau sepele. Usia ini sudah bukanlah usia anak-anak atau remaja lagi, melainkan sudah merupakan permulaan dari kedewasaan. Oleh karena itu, ketika kita sudah menginjak usia 21 tahun, ada beberapa hal yang hendaknya harus segera bahkan harus kita miliki dan lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. SKRIPSI

46812433.cms

Skripsi adalah lambang bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan segera menyelesaikan kuliahnya. Skripsi adalah kunci untuk membuka gerbang masa depan, sehingga tak ayal seluruh mahasiswa mengorbankan segala macam hal untuk menyelesaikan tugas akhir ini. Untuk bisa bekerja, tentunya kita harus memiliki ijazah, oleh karena itu, skripsi adalah hal wajib yang harus segera kita selesaikan agar pintu gerbang kesuksesan sedikit mulai terbuka untuk diri kita memulai masa depan yang cerah.

  1. BAHASA INGGRIS

Zaman sudah modern. Dunia sudah tak memiliki batasan lagi. Dinding pemisah antara satu negara dengan negara lainnya sudah tak ada lagi. Hal ini menyebabkan kebutuhan akan bahasa dunia semakin mendesak. Hal ini tak terlepas lagi dari dunia kerja. Hampir seluruh lowongan pekerjaan mewajibkan karyawannya untuk mahir dalam berbahasa inggris. sehingga mau tidak mau, kita harus segera mempersiapkannya dengan matang sebelulm bertempur melawan zaman yang semakin agresif.

  1. PENGALAMAN KERJA

atasi-gap-dunia-kerja-kuliah-dengan-belajar-LdQFqxg9aE

Berstatus sebagai mahasiswa memang tak mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun apabila kita tetap berdoa dan berjuang untuk mendapatkannya, tuhanpun tidak akan tinggal diam melihat hambanya bercucuran keringat mencari rezeki. Carilah pekerjaan demi mendapatkan pengalaman kerja, bukan sebatas materi atau uang semata. Masa kuliah adalah masa-masa mencari pengalaman, kelak ketika sudah sarjana barulah bekerja untuk mendapatkan uang dan materi. Masalah pekerjaan apa yang harus kita ambil, maka carilah pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu yang kita geluti saat ini, hal ini tentunya akan sangat baik bagi karir kita dimasa yang akan datang. Namun apabila belum bisa, kita masih tetap bisa mengambil pekerjaan yang tidak sejalur dengan jurusan kita, namun kita masih bisa melakukannya. Misalnya apabila sobat sendiri adalah mahaisiswa jurusan akuntansi namun belum bisa mendapatkan pekerjaan sebagai akuntan, sobat bisa melamar pekerjaan sebagai guru bimbel bahasa inggrsi, jika sobat memiliki soft skill dalam bahasa inggris. Memiliki soft skill itu sangat penting, karena ia kelak bisa menyelamatkan kita dari emergency condition.

  1. CV

undang-rahmat-allah-dengan-kerja-keras_1442889452

Jangan diam saja ditempat. Memepersiapakan cv adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan. Jangan menyiapakan senjata disaat musuh sudah di depan mata. Namun siapkannlah senjata sebelum musuh menyusun strategi perang. Begitu juga dengan kita yang masih berusia 21 tahun. Jangan tunggu usia 23 tahun terlebih dahulu untuk membuat cv, pikirkanlah cv mu mulai dari sekarang agar kelak lebih siap untuk melamar pekerjaan di tempat yang kita idolakan.

  1. NETWORK

Berteman dengan semua orang tanpa pandang bulu adalah hal yang wajib kita lakukan. Setiap orang yang kita temui saat ini tidak menutup kemungkinan akan menjadi teman atau relasi bisnis kita dimasa depan. Oleh karena itu, bangunlah relation atau network mulai dari sekarang. Agar kelak network yang sudah kita bangun jauh-jauh hari tinggal kita pakai saja. Hal ini tentunya ibarat mengumpulkan biji peluru sebanyak-banyaknya sebelum dipakai untuk berpererang. Jangan sampai kita kehabisan peluru dalam berperang melawan musuh.

  1. WRITING SKILL

Menulis adalah salah satu skill wajib yang harus kita miliki ketika usia sudah mulai menempuh angka dua digit ini. Hal ini penting sekali untuk dipersiapkan karena kemampuan menulis akan senantiasa dibutuhkan dimanapun dan kapanpun. Menulis disini berkitan dengan menulis CV, surat lamaran pekerjaan, laporan perusahaan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebelum terlambat , sebelum memasuki lingkungan kerja, belajarlah menulis dan kuasai ilmunya agar kelak kita tidak gelapan dunia kerja yang semakin mencekik.

  1. COMMUNICATION SKILL

03252014_rpsi_kecerdasan_emosional_3

Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah sesuatu yang perlu untuk ditingkatkan. Communication skill tidak hanya dibutuhkan oleh bagian marketing semata, namun seluruh pekerjaan menuntut untuk menguasai skill ini termasuk dokter dan auditor. Kita harus mampu melakukan negosiasi dan mengomunikasikan informasi penting kepada orang lain agar tujuan pribadi dan tujuan bersama dapat tercapai dengan baik. Apabila cara berkomunikasi saja tak mampu kita kuasai, maka bisa saja terjadai misscoumunication antar pegawai yang tentunya akan menimbulkan permasalahan dalam lingkungan kerja.

  1. MENTAL

Dunia kerja dengan dunia perkuliahan tidak sebelas dua belasan. Mereka terkadang sangat jauh berbeda. Apa yang kita pelajari dan temukan di kampus terkadang tidak kita temukan dilingkungan kerja. Bahkan apa yang ada di dunia kampus tak sekompleks dengan yang ada di dunia kerja. Bisa lebih mudah, atau bahkan sebaliknya. Kita akan mengalami shock culture terhadap dunia kerja apabila kita tak mempersiapkan mental sebaik-baiknya. Oleh karena itu, mumpung usia masih kuliah dan muda, persiapkanlah mental tersebut, agar kelak kita tak menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar membangun mental yang kokoh.

9. TABUNGAN

Jangan menabung saat sudah mulai menempuh usia kepala 5. Menabunglah dari usia dini, tentunya akan samakin baik untuk masa depan kita. Pemuda gaul bukanlah pemuda yang hidup serba glamour, melainkan pemuda yang memiliki tabungan walalupun hanya se sen.

10. SOCIAL MEDIA

Jangan menjadi orang purba yang tak kenal dunia luar sehingga diri kita seolah-olah menjadi orang yang buta akan dunia. Dunia itu luas, jadi sangat disayangkan sekali apabila kita melewatkan semua hal tentangnya dari berbagai macam sudut kehidupan. Hal ini termasuk berkaitan dengan pekerjaan. Sebelum memasuki dunia kerja, bangunlah akun sosial media mulai dari sekarang, karena sebagian perusahaan saat ini sudah mewajibkan karyawannya untuk memiliki akun sosial media agar mereka tak ketinggalan informasi.

mari-bekerja

Belajar adalah suatu hal wajib yang harus kita laksanakan sebagai manusia yang berakal di dunia ini. Tetaplah menuntut ilmu hingga kapapanpun. Siapapun anda, berapapun usia anda, apapun pekerjaan anda, dimanapun anda berada, belajar tidak boleh kita tinggalkan. Belajar tidak hanya sekedar dibangku sekolah atau kuliah semata, namun lingkungan sekitarpun dapat menjadi ladang untuk menuntut ilmu yang sangat luas.

sign4
Restu Alpiansah
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s