PESAN TERSELUBUNG TUHAN KEPADA RAKYAT INDONESIA DIBALIK KEJAMNYA PENJAJAHAN.

Tuhan memang adil, setiap sentuhan tangannya selalu memiliki banyak pesan rahasia yang terkadang tak mampu ditafsirkan dan diartikan oleh nalar manuisa itu sendiri. Kita terkadang lebih banyak menyalahkan tuhan atas setiap masalah yang kita hadapi, tanpa berusaha untuk mencari makna dari pesan yang diberikan oleh yang maha kuasa tersebut. Penjajahan memang kejam, dan tidak ada satu orang pun yang ingin dijajah oleh orang ataupun bangsa lain, namun tuhan telah memiliki kehendak lain. Ia adalah sutradara yang maha pintar yang sudah menghafal mati naskah kehidupan manusia itu sendiri.

masapenjajahanbelanda
Penjajahan Belanda

Tidak ada manusia yang ada di dunia ini ingin terlahir dalam keadaan terbelenggu. Karena setiap insan pasti menginginkan yang namanya hidup dalam keadaan bebas tanpa rantai besi yang membelenggu. Indonesia kini sudah merdeka dari belenggu penjajahan dari negar asing. Leher bangasa kita kini sudah tak berantai lagi, tak ada lagi yang mengemudikan kendali mesin kehidupan bangsa kita. Kita sudah bebas, dan kini sudah bebas untuk mengemudikan mobil kehidupan bangsa kita sendiri.

Terlepas dari pendapat dari para Komentator yang mengaggap dirinya pintar dan cerdas, yang senantiasa mengatakan bahwa bangsa Indonesia masih terjajah dalam aspek yang lain, dalam tulisan ini saya akan lebih melihat dari sisi positifnya saja. Hal positif yang bisa kita petik dari buah penjajahan tersebut. berikut pesan-pesan terselubung tuhan kepada rakyat Indonesia dibalik kejammya penjajahan.

Terciptanya Persaudaraan yang Erat antar Pulau….

Tidak dapat dihindari lagi, bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang memiliki rasa persaudaraan yang sangat tinggi antar sesamanya.  Meskipun kita terdiri dari berbagai macam latar belakang politik, budaya, dan agama, kita tetap mampu berada pada lingkaran sabuk kemerdekaan. Semakin banyak perbedaan yang kita miliki, semakin erat pula tali persaudaraan kita terjalin.

Ribuan Pulau Bersatu Padu Menjadi Satu…

Bukan suatu hal yang berlebihan jika kita menganggap bangsa kita terdiri dari berbagai macam pulau, bahkan berjumlah ribuan, yang terdiri dari pulau hidup dan mati. Tak banyak negara-negara di dunia ini yang mampu menyaingi jumlah pulau yang ada di Indonesia. Tuhan pasti telah memiliki rencana rahasia yang tak mampu kita tebak dibalik karunia ribuan pulau tersebut.

Menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat…

Penjajahan telah mengajarkan kita tentang banyak hal, termasuk mengenai pelajaran hidup yang mungkin tak negara lain dapatkan. Penjajahan telah memberikan banyak pelajaran hidup kepada kakek nenek dan kedua orang tua kita. Kini mereka hidup penuh semangat dan perjuangan. Mereka mampu memberikan pelajaran hidup yang luar biasa manfaatnya kepada kita semua.

Indonesia Tak Menjadi Negara Yang Congkak….

Penjajahan telah menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang tidak pernah lupa diri untuk menengok ke bawah. Penjajahan telah mengajarkan bangsa Indonesia untuk tetap peduli terhadap sesama disaat negara lain sedang membutuhkan bantuannya. Indonesia sadar bahwa di dunia ini bukan hanya kita sendiri yang hidup, namun masih ada ratusan bangsa lain yang berdiri tegak di daratan lain sana. Indonesia tak pernah lupa untuk mengulurkan tangannya kepada negara lain yang sedang mengalami kesulitan atau musibah sebagai  contoh dalam bencana jepang, perang palestina dan lain sebagainya. Yang jelas, penjajahan telah memberikan banyak sekali pelajaran hidup yang kini sudah bisa dipetik oleh anak-anak generasi bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia Muncul Sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa….

Meskipun kita terdiri dari berbagai macam suku dan keturunanan, apapaun darahnya, apapun bahasa lokalnya, bangsa kita tetap mampu bersatu dengan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia. Kita semua tetap dengan sangat bangga menggunakanannya dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa indonesia adalah bangsa yang hebat, karena ribuan bahkan jutaaan kepala mampu disatukannya dengan satu bahasa. Tentunya bahasa Indonesia tidak akan pernah muncul jika pada zaman dahulu para nenek moyang kita tak memiliki semangat perjuangan yang tinggi. Pejajajahan telah mengajarkan mereka untuk memiliki sikap optimis dan perjuangan yang tinggi.

Menjadikan Indonesia Sebagai bangsa yang Religius…

Meskipun bangsa Indonesia bukan bangsa islam, namun bangsa Indonesia senantiasa menempatakan segala sesauatu itu berdasarkan landasan agama. Agama adalah pondasi kehidupan. Setiap agama memiliki kita suci yang dijadikan sebagai pedoman hidup agar manusia tak melewati batas yang sudah ditentukan.  Berkat ajaran nenek moyang kita dulu akan agamalah kita mampu menjadi bangsa yang religius seperti yang saat ini kita lihat.

Indonesia Bukan Bangsa Pendendam…

Meskipun Jepang, Belanda, dan Inggris pernah menajajah bangsa kita hingga begitu lama, namun kerja sama dengan negara tersebut tak pernah luntur dan pudar. Kita tak pernah mengingat masa lalu tersebut yang penuh dengan kepahitan. Meskipun dahulu mereka pernah dengan sangat kejam mencambuki punggung orang kita, namun kini kita tetap mampu berpikir rasional untuk tetap menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Kita tak pernah menyimpan dendam kepada mereka meskipun luka jahitan bekas pistol dan pedang mereka masih membekas di pundak kita.

Kerukunan dan Solidaritas Menyatu Ibarat Rantai Besi yang Kokoh…

Apapun dalilnya, apapu issu yang beredar pada saat ini, bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang kuat dan kokoh. Kita memang masih menjadi negara muda, namun bukan berarti persatuan kita masih berukuran biji jagung. Kita adalah bangsa yang kokoh. Perbedaan bukan sebagai penghalang untuk kita bersatu. Karena indonesaia akan semakin bersatu di tengah semakin tingginya tingkat perbedaan diantara kita.

pejuang-kemerdekaan
Merebut Kemerdekaan

Dari apa yang telah saya paparkan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang kuat dan tegar. Kolonialisme telah menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh dan tidak manja. Tuhan memang adil, setiap sentuhan tangannya selalu memiliki banyak pesan rahasia yang terkadang tak mampu ditafsirkan dan diartikan oleh nalar manuisa itu sendiri. Kita terkadang lebih banyak menyalahkan tuhan atas setiap masalah yang kita hadapi, tanpa berusaha untuk mencari makna dari pesan yang diberikan oleh yang maha kuasa tersebut. Penjajahan memang kejam, dan tidak ada satu orang pun yang ingin dijajah oleh orang ataupun bangsa lain, namun tuhan telah memiliki kehendak lain. Ia adalah sutradara yang maha pintar yang sudah menghafal mati naskah kehidupan manusia itu sendiri. Indonesia mungkin tak ada tanpa ada penjajahan. Mungkin inilah juga salah satu makna terselubung dari tuhan.

***

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. Luar biasa… Lanjtukan terus menulisnya mas.

    Liked by 1 person

    1. Terimakasih karang bongkot….

      Liked by 1 person

      1. Terimakasih sudah mengunjungi website kami mas…

        Liked by 1 person

    2. Terimakasih admin… semoga karang bongkot jaya selalu…

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s