Kata-kata Sederhana Ini Mungkin Kita Anggap tak Berarti. Namun Sebenarnya Menyimpan Jutaan Arti.

Maka ia akan dengan sangat gesit menebas urat nadi kita sehingga kita terbunuh olehnya. Tusukannya akan masuk kedalam urat nadi terdalam sehingga ia mematikan ulu hati manusia sehingga manusia bisa mati jiwa dan raganya

Hidup ini tidak akan pernah lepas dari permainan kata-kata. Sekumpulan kata-kata bahkan merupakan pembentuk bumi ini. Bisa dikatakan bahwa kata-kata merupakan sel-sel dan sum-sum dari kehidupan ini. Karena setiap orang di dunia ini tidak akan pernah terlepas dari yang namanya kata-kata. Kata-kata itu ibarat pedang. Ketika kita mampu menggunakanya dengan mahir, maka kita akan mampu menyelamatkan diri kita dari serangan musuh. Bukan hanya itu, dalam kehidupan sehari-haripun ia akan senantiasa bermanfaat untuk dipakai. Namun akan berlaku hukum alam sebaliknya, ketika kita salah menggunakannya, maka ia akan dengan sangat gesit menebas urat nadi kita sehingga kita terbunuh olehnya. Tusukannya akan masuk kedalam urat nadi terdalam sehingga ia mematikan ulu hati manusia sehingga manusia bisa mati jiwa dan raganya. Kita tak boleh meremehkan kekuatan dari kata-kata itu sendiri. Oleh karena itu, dalam kehidupan ini kita dituntut untuk bijak dalam menjaga lisan agar kata-kata yang keluar dari mulut ini adalah kata-kata yang bermakna, baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang berada disekitar lingkaran hidup kita.

Berikut adalah 10 Kata-kata yang menurut kita tidak berarti namun sebenarnya memiliki Jutaan Arti.

  1. MINTA TOLONG!

bocah-sd-tenggelam
Google.com

Kita sudah hafal mati bahwa di dunia ini kita itu bukan hanya menjadi manusia individual, melainkan pula sebagai manusia sosialis. Dampak dari itu semua adalah bahwa kita tak hanya hidup sendiri. Namun masih ada jutaan manusia yang bersama-bersama menghirup udara yang sama dengan kita. Setiap manusia memiliki tujuannya masing-masing. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan semangat dan kerja keras yang tinggi. Namun terkadang ketika kita sedang berjalan mencapai tujuan tersebut, kita merasa tak sanggup melakukannya sendiri, sehingga meminta bantuan orang lain tidak akan pernah dapat kita hindari. Jika memang kita mampu melakukannya sendiri, lakukanlah sendiri. Namun jika batas kemampuan kita sudah lewat, meminta bantuan orang lain adalah solusinya. Ketika dalam kondisi ini, maka tetaplah ingat untuk selalu mengucapkan kata” Minta Tolong”. Mengapa demikian? Kata ini akan lebih sopan untuk diungkapkan. Orang yang dimintai tidak akan merasa diperintah dengan kata yang diungkapkan. Sehingga merekapun akan merasa senang hati karena telah menjulurkan lengannya untuk meringakan beban kita.

  1. MAAF!

maaf
google.com

Manusia tidak akan pernah luput dari yang namanya dosa. Manusia bukan malaikat yang selalu benar dalam melakuan perintah dan menjauhi larangan. Setiap gerakan yang kita lakukan selama berada di bumi ini tidak akan pernah terlepas dari kesalahan. Dimana kesalahan tersebut bisa menyinggung perasaan orang lain yang berada di lingkaran kehidupan kita. Oleh sebab itu, jangan pernah lupa untuk mengucapkan kata “Maaf” ketika kita merasa menyinggung perasaan orang lain. Meskipun memang kita merasa tidak bersalah kepada orang lain, tidak ada beratnya sama sekali untuk mengucapkan kata tersebut. Karena kata Maaf tak harus kita ucapkan pada saat sedang menyinggung perasaan orang lain. Namun kata tersebut sebagai antisipasi apabila ada gerakan yang tak sengaja kita lakukan namun ternyata menggores luka di hati orang lain.

  1. BOLEH PINJAM?

fenomena-pinjam-meminjam-barang-teman
Google.com

Sekaya-kayanya manusia, ia tidak akan pernah luput dari kata “Pinjam”. Mengapa demikian? Karena sekaya-kayanya manusia, tidak akan semua kebutuhannya dapat terpenuhi secara sempurna. Ketika kita sedang berada di kampus, kantor, atau di rumah, kita harus sadar bahwa ketika kita tak memiliki barang yang kita inginkan dan barang tersebut ada pada orang lain, maka kita harus paham akan etika dalam meminjam barang orang lain. Siapapun dia, meskipun ia adalah saudara kandung kita sendiri, kita wajib harus meminjam kepadanya. Karena jika memakai atau mengambil sesuatu tanpa izin yang punya, maka itu akan tetap dikatakan sebagai mencuri. Meskipun mungkin orang lain yang diambili tenang-tenang saja, namun jika sikap itu terus kita lakukan, maka ia akan bisa kesal dan jengkel dengan sikap kita. Hal ini perlu dilatih sejak dini, agar kelak ketika merantau ke daerah orang lain, kebiasaan langsung pakai barang orang lain tidak terbawa. Ini memang tampak sepele, namun jika dilewatkan begitu saja, ia bisa membunuh kita secara perlahan-lahan.

  1. TERIMAKASIH!

14925246_932278290237448_6936450240497717691_n
Etu feat. Asih

Satu kata namun memiliki banyak makna. Satu kata namun memiliki sejuta kebaikan. Apapun yang telah kita minta kepada orang lain, jangan pernah memberatkan bibir ini hanya untuk sekedar mengucapkan terimakasih atas segala kebaikan orang lain kepada kita. Sebesar apapun itu, kata terimakasih tidak boleh disimpan saja. Dengan senantiasa mengucapkan terimaksih kepada orang lain, maka ia akan merasa dihargai. Sehingga, iapun akan semakin senang untuk membantu kita.

  1. BISA!

aku-pasti-bisa
Google.com

Hidup ini harus penuh dengan sikap optimisme. Tidak ada kata menyerah agar segala sesuatu yang kita kerjakan dapat berjalan dengan mulus. Kata “bisa” memang sangat sederhana, namun manfaatnya sangat luar biasa. Ia mampu memompa seluruh energi semangat yang ada dalam tubuh kita, sehingga kita bisa semangat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Segala sesuatu memang terkadang tampak beitu sulit untuk dikerjakan, namun jika kita terus memompa diri kita dengan kata bisa, maka raga inipun akan terkena suntikannya sehingga membuat kita bisa melakukan sesuatu yang awalnya kita anggap tak bisa kita atasi.

  1. SIAP!

siap-un
Google.com

   Kata ini berarti siap untuk menajalankan perintah. Terkadang diantara kita sering memberikan kepastian palsu atau menggantung kepada orang lain ketika sedang membuat janji, sehingga membuat orang lain merasa terkatung-katung pula. Lebih baik ketika sedang membuat janji, langsung katakan “siap”, hal ini tentunya akan lebih banyak memberikan kepastian kepada orang lain, dan kata ini tentunya lebih antusias dibandingkan dengan kata-kata yang lain. Sehingga orang lainpun ikut tertular dengan semangat yang kita berikan.

  1. SEMANGAT YA. YOU CAN DO IT.

kata-kata-semangat
Google.com

Jangan mengatakan “Good Luck ya” kepada teman atau sahabatmu, karena itu seolah-olah menggantung nasib mereka. Lebih baik mengatakan “Semangat ya, You can do it” agar ia semakin termotivasi dan semangat untuk mengerjakan pekerjaannya.

  1. SAYA AKAN BERUSAHA

Elaborate the main qualities of a professional auditor
google.com

Kata-kata ini simple namun menyimpan banyak obat semangat untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu janganlah pernah malas untuk mengatakan kata ini. Segala sesuatu itu memang terkadang berat untuk di kerjakan, karena terkadang kita sering terlebih dahulu pesimis melihatnya. Namun jika ada kata” Saya akan berusaha” maka kita sudah menanamkan dalam diri kita bahwa kita akan minimal berusaha sekuat tenaga untuk mengerjakannya. Hasil terkadang tak sesuai dengan yang kita harapkan, namun dengan berusaha terlebih dahulu telah mengajarkan kepada kita bahwa meraih segala sesuatu itu tidak mudah, namun memerlukan pengorbanan dan usaha. Hal ini akan menyebabkan kita lebih menghargai keringat kita sendiri maupun orang lain, khusunya orang tua kita.

  1. AYO KITA KERJAKAN!

1583121436008331
google.com

  Pada dasarnya manusia adalah pemimpin. Hal ini menyebabkan manusia tidak mau dibawahi, diatur, ataupun banyak diperintah oleh orang lain. Hal ini menyebakan kita harus benar-benar berhati-hati dalam meminta orang lain untuk mengerjakan sesuatu. Untuk meminta orang lain untuk melaukan sesuatu, berilah mereka contoh, agar mereka juga tidak merasa diperintah dengan ucapan kita. Lebih  baik mengatakan “ Ayo Kita Kerjakan” daripada “Sana Kerjakan”. Kata ini tentunya akan lebih sopan dan lebih menghargai orang lain. Meskipun mereka bawahan di kantor, mereka bukan robot.

  1. APA KABAR?

apakabar
google.com

Mungkin kesannya sedikit menjilat, namun sebenarnya tidak. Sekedar menanyakan apa kabar kepada orang lain bukanlah hal yang berbau menjilat, melainkan ini adalah cara untuk mempererat tali silaturahmi dengan teman atau sahabat kita masing-masing. Dengan menanyakan apa kabar kepada orang lain, maka mereka akan merasa dipedulikan oleh kita, hal ini tentunya akan semakin menggali lubang cinta antara kita dengan orang lain. Jadi jangan pernah malas untuk hanya sekedar mengungkapkan kata ini kepada orang lain dengan tanpa pandang bulu siapa orangnya.

Kata-kata diatas memang sangat sederhana, tak semahal kata-kata yang terdapat dalam lantunan puisi para pujangga hebat. Kata-kata diatas memang sangat sederhana, namun dampaknya terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar sangat luas sekali. Semoga kita bisa mencapai level kesuksesan kita masing-masing.

#MariMenjagaLisan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s