Cerita Persahabatan Dibawah Satu Atap Posko.

KKN ini menghantam kepala saya untuk sadar, bahwa dunia itu tidak hanya sebatas kamar dan laptop. Dunia ini luas, hingga tak terukur. Dibalik kamar milik kita, ada banyak masyarakat yang menginginkan kehadiran kita. Namun sayang, selama ini saya terlalu cuek dengan kondisi sekitar, sehingga nama-nama tetangga pun masih perlu berpikir untuk sekedar menyebutkan namanya. KKN ini telah menyudutkan saya. Namun tak apa, ia membuat saya untuk tidak menjadi orang yang terlalu individualis.

Ini adalah pengalaman yang benar-benar berharga dalam hidup saya. Pengalaman yang tidak mungkin saya lupakan, melainkan akan senantiasa terkenang seumur hidup saya. Sepertinya kenangan ini telah terukir di dalam kepala, sehingga meskipun berbagai macam benturan menghalau, memori ingatan ini akan tetap menancap di hati.

img_1807
Restu and Vany

Bumi ternyata berputar. Ya berputar, karena anak TK pun tahu jika bumi itu berputar. Dan sayapun tahu akan hal itu. Namun setelah sebentar lagi perpisahan KKN, saya mulai sadar bahwa bumi  itu berputar. Saya kira tidak. Jika memang benar berputar, rasanya begitu cepat. Bumi tetap berputar di dalam porosnya, begitu juga dengan kehidupan ini. Tak pernah sedetikpun bumi ini berhenti untuk berputar. Tuhan yang maha kuasa telah benar-benar detail menggambarkan tugas dan fungsinya selama ia beropeasi di muka bumi ini.

img_1837
Restu-Mimi-Nuzhul

KKN ini sudah mengajarkan banyak hal dalam hidup saya. KKN telah menegur saya, bahwa saya ini sudah dewasa. Saya sudah tak seharusnya teralalu banyak mengandalkan orang tua. Sudah tak sepantasnya lagi bertindak seperti anak-anak lagi. Ingat, saya sudah dewasa, maka sayapun harus bisa bersikap dewasa. Bukan kekanak-kanakan lagi.

img_1859
Restu-Indra

KKN ini menghantam kepala saya untuk sadar, bahwa dunia itu tidak hanya sebatas kamar dan laptop. Dunia ini luas, hingga tak terukur. Dibalik kamar milik kita, ada banyak masyarakat yang menginginkan kehadiran kita. Namun sayang, selama ini saya terlalu cuek dengan kondisi sekitar, sehingga nama-nama tetangga pun masih perlu berpikir untuk sekedar menyebutkan namanya. KKN ini telah menyudutkan saya. Namun tak apa, ia membuat saya untuk tidak menjadi orang yang terlalu individualis.

img_1573
Restu Mimi

Pelajaran berikutnya adalah nilai persahabatan. Persahabatan bisa tercipta dimana saja dan kapan saja. Begitu juga dengan KKN ini. Posko sebagai tempat berlindung dan bernaung saya telah mengajarkan ilmu persahabatan yang sebelumnya belum saya dapatkan di kampus. Kampus memang sedikit membahasnya, namun di Posko kami benar-benar menerapkannya. Bersama sahabat baru saya hidup. Canda, tawa, sedih, bertengkar kita lalui bersama. Bahkan tak ada satu detikpun yang saya lewatkan tanpa sadar. Saya benar-benar menikmati tiap jengkal langkah saya untuk menelusuri kehidupan ini selama berada di lokasi KKN. Dan saya benar-benar menikmati setiap detik nafas saya untuk menghirup udara desa yang  begitu segar di desa KKN tersebut.

Sahabat, kini perpisahan sudah berada di depan mata. Tinggal menghitung hari kita akan berpisah. Apabila saya banyak salah mohon maafkanlah. Tidak ada perkataan dan tindakan ini yang sengaja saya lakukan untuk melukai hati kalian. Semua karena saya khilaf. Maafkan jika ketua KKN ini sedikit cengeng dan cerewet selama berada di posko. Kalian adalah orang-orang yang sabar menghadapi segala kekurangan saya. Air mata terus menetes di pipi, namun air mata ini tak akan mampu membuat bumi ini kembali berputar ke hari pertama kita berada di posko. Kalian adalah sahabat terbaik yang saya miliki. Terimakasih atas pelajaran hidup yang sangat mahal dan berarti yang telah kalian berikan kepada hidup saya. Jika kelak kita sudah menginjak usia tua, dan hidup masing-masing, semoga dinding rumah dan tanaman-tanaman sekitar senantiasa mengingatkan kita bahwa kita adalah sahabat yang pernah hidup berasama dalam satu atap.

#KKN KARBO 16. You Are My Love.

Leave a Reply

