Contoh Proposal KKN Tematik UNRAM.

DESKRIPSI KEGIATAN

  1. JUDUL

PROGRAM PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI DAN AKUNTANSI BERBASIS KOMPUTER DI KANTOR DESA KARANG BONGKOT KECAMATAN LABUAPI KABUPATEN LOMBOK BARAT.

  1. LOKASI

            Kantor desa Karang Bongkot, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

  1. BIDANG KEGIATAN KKN TEMATIK
  2. TEMA UMUM

Program pengembangan sistem administrasi dan akuntansi berbasis komputer di kantor desa Karang Bongkot, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.

  1. TEMA KHUSUS
  2. Pengembangan sistem administrasi desa berbasis komputer
  3. Pemberian Pelayanan administrasi desa kepada masyarakat
  4. Pembuatan sistem akuntansi kas sederhana berbasis komputer
  5. Inventarisasi asset kantor desa
  6. Pembuatan Neraca keuangan desa berbasis komputer.
  7. Pembuatan Website desa.
  1. LATAR BELAKANG
  2. Latar Belakang Masalah

            Perkembangan teknologi yang semakin maju menyebabkan terjadinya perubahan yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kemajuan teknologi masa kini sudah tak mampu lagi kita pungkiri, sehingga kita tak bisa menutup mata atas kemajuannya, karena jika tetap menutup mata maka kita akan tertinggal lima langkah lebih jauh dibandingkan dengan daerah lain.

Kemajuan teknologi telah menyebabkan alat-alat konvensional berubah menjadi alat-alat digital. Segala peralatan manusia kini sudah rata-rata dikendalikan oleh  mesin komputer. Kecanggihan mesin komputer telah menyebabkan pekerjaan manusia semakin cepat dan lebih akurat. Kecanggihan teknologi komputer menyebabkan pekerjaan manusia semakin mudah dan praktis, bahkan bisa cepat selesai hanya dengan sentuhan jari. Hal ini tentunya dirasakan lebih efisien dan efektif. Kemajuan teknologi sudah berkembang ke pelosok daerah, termasuk daerah pedesaan, namun tak jarang kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh aparatur desa, sehingga mereka lebih memilih cara yang lama untuk menjalankan aktivitas operasional pemerintahan.

Salah satu kantor desa yang ada di Nusa Tenggara Barat yang belum memanfaatkan teknologi komputer dengan maksimal adalah kantor desa Karang Bongkot, kecamatan Labuapi, kabupaten Lombok Barat. Desa ini merupakan desa yang sangat berpotensial baik dari segi sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Namun berdasarkan penelitian kami di lapangan, kantor desa Karang Bongkot kurang maksimal dalam memanfaatkan teknologi komputer khususnya untuk sistem administrasi dan akuntansinya, meskipun di kantor desanya sendiri terdapat dua buah komputer yang masih sangat menunjang. Berdasarkan pantauan kami di lapangan, aparat desa hanya menggunakan teknologi komputer hanya sebatas untuk mengetik surat melalui program Microsoft Word. Padahal seperti yang kita ketahui bersama, teknologi komputer memililki jutaan fungsi yang dapat mempermudah dan menunjang aktivitas sehari-hari manusia, baik itu individual , organisasi, maupun kelas pemerintahan. Penelitian lebih dalam lagi membuktikan bahwa pencatatan keuangan desa atau sistem akuntansinya masih sekitar 20% menggunakan teknologi komputer, sisanya menggunakan cara manual atau konvensional. Begitu pula dengan data penduduk, data-data penduduk tidak tertata dengan rapi sesuai dengan foldernya masing-masing, sehingga data-data desa terpencar diberbagai folder. Hal ini tentunya kurang efektif untuk sistem administrasi desa. Hal yang seharusnya dilakukan adalah memanfaatkan teknologi komputer sebaik-baiknya agar semua dokumentasi desa tersimpan dengan baik dan rapi, sehingga semua arsip desa dapat tersimpan dengan baik, hal ini juga tentunya dapat mempermudah aparatur desa dalam proses pengambilan keputusan.

Berdasarkan pokok permasalahan diatas, melalui palaksanaan program KKN TEMATIK ini, kami berinisiatif untuk terjun langsung ke desa untuk membantu kantor desa Karang Bongkot dalam memperbaiki sistem administrasi dan akuntansinya. Oleh karena itu, judul KKN TEMATIK ini adalah “Program Pengembangan Sistem Administrasi dan Akuntansi  Berbasis Komputer di Kantor Desa Karang Bongkot , Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat”. Kami turun ke desa dan masyarakat dengan membawa program unggulan untuk membantu aparatur desa menata sistem administrasi dan akuntansi desa yang saat ini dirasakan masih kurang maksimal dalam memanfaatkan teknologi komputer.

  1. Lembaga/Mitra KKN

Dalam pelaksanaan program kerja, tim KKN Tematik kami telah bekerja sama dengan kepala desa Karang Bongkot. Kegiatan KKN Tematik yang dilaksanakan di kantor desa Karang Bongkot ini menghasilkan kerja sama antara tim KKN Tematik dengan kepala desa Karang Bongkot dalam bentuk kontribusi tempat untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang akan kami lakukan di daerah tersebut serta berbagai macam informasi yang lingkupnya masih dalam program KKN kami.

  1. TUJUAN
  2. Tujuan Umum

Tujuan umum dari KKN Tematik ini adalah untuk menciptakan sistem administrasi desa yang rapi dan sistem akuntansi yang relevan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan desa yang tepat.

  1. Tujuan Khusus
  2. Pengembangan sistem administrasi desa berbasis komputer
  3. Tertatanya sistem administrasi desa
  4. Terkumpulnya seluruh data-data desa ke dalam sistem komputer
  5. Pemberian pelayanan administrasi kepada masyarakat umum
  6. Terlayaninya masyarakat umum dengan baik
  7. Terpenuhinya kebutuhan masyarkat pada bagian administrasi kependudukan.
  8. Pembuatan sistem akuntansi kas sederhana berbasis komputer
  9. Terinputnya seluruh data-data pengeluaran dan pemasukan keuangan desa
  10. Tercipatanya sistem kas sederhana untuk mempermudah pelaporan keuangan kepada kepala desa.
  11. Inventarisasi aset kantor desa
  12. Terinputnya seluruh aset kantor desa kedalam sistem komputer
  13. Terciptanya daftar aset kantor desa
  14. Pembuatan neraca keuangan desa berbasis komputer
  15. Terciptanya sistem keuangan desa yang sesuai standar pemerintahan.
  16. Menghasilkan laporan keuagan yang relevan dan reliable.
  17. Menciptakan Website desa
  18. Menciptakan website desa yang dijadikan sebagai wadah bagi pihak kantor desa untuk memberikan informasi terkini mengenai kondisi kantor desa.
  19. Melatih aparatur desa agar lebih terampil dalam memanfaatkan kemajuan teknologi komputer.
  20. HASIL YANG DIHARAPKAN DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
  21. Hasil Pencapaian Umum

Terciptanya sistem administrasi dan akuntansi desa berbasis komputer yang andal dan objektif  sehingga meningkatkan kualitas dari sistem administrasi dan akuntansi desa.

  1. Hasil Pencapaian Khusus
  2. Pengembangan sistem administrasi desa berbasis komputer
  3. Tertatanya sistem administrasi desa
  4. Terkumpulnya seluruh data-data desa kedalam sistem komputer
  5. Pemberian pelayanan administrasi kepada masyarakat umum
  6. Terlayaninya masyarakat umum dengan baik
  7. Terpenuhinya kebutuhan masyarkat pada bagian administrasi kependudukan.
  8. Pembuatan sistem akuntansi kas sederhana berbasis komputer
  9. Terinputnya seluruh data-data pengeluaran dan pemsukan keuangan desa
  10. Tercipatanya sistem kas sederhana untuk mempermudah pelaporan keuangan kepada kepala desa.
  11. Inventarisasi aset kantor desa
  12. Terinputnya seluruh aset kantor desa kedalam sistem komputer
  13. Terciptanya daftar aset kantor desa
  14. Pembuatan neraca keuangan desa berbasis komputer
  15. Terciptanya sistem keuangan desa yang sesuai standar pemerintahan.
  16. Menghasilkan laporan keuagan yang relevan dan reliable.
  17. Pembuatan Website desa
  18. Terciptanya website yang informatif
  19. Terlatihnya aparatur desa dalam memanfaatkan kemajuan teknologi komputer.
  20. LINGKUP KKN TEMATIK
  21. Kelompok Sasaran

Sasaran dari kegiatan KKN Tematik ini adalah Kantor desa Karang Bongkot, kecamatan Labuapi , Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

  1. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi partisipatif KKN Tematik.

Perencanaan program KKN-Tematik ini dimulai dengan survei lapangan dan wawancara kepada Kepala Desa Karang Bongkot dan masyarakat setempat mengeani potensi dan permasalahan yang ada di Desa Karang Bongkot. Berdasarkan hasil survey dan wawancara tersebut, direncakan program-program untuk menemukan potensi dan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Pelaksanaan program-program KKN-Tematik akan dilaksanakan oleh tim KKN-Tematik sesuai dengan jadwal kegiatan yang direncakan. Evaluasi akan dilaksanakan dua periode yaitu yaitu pertengahan pelaksnaan program dan setelah semua program berakhir, tujuannya adalah untuk mengatasi berbagai hambatan yang muncul di tengah-tengah program agar hasil yang diharapkan maskimal dan mengetahui tingkat keberhasilan ataupun hambatan pada program. Evaluasi tersebut dilaksanakan melalui wawancara kepada masyarakat sebagai indikator keberhasilan program yang dilaksanakan.

  1. METODE KKN TEMATIK
  2. Persiapan dan Pembekalan

Persiapan dan pembekalan dilakukan untuk memantapkan rencana KKN-Tematik yang akan dilakukan oleh kelompok KKN, terutama berkaitan dengan segala keperluan administrasi, informasi lokasi KKN, konsultasi program dengan dosen maupun dengan pihak desa, serta obsrvasi daerah tujuan KKN.

Adapun terkait dengan observasi, dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang lengkap terkait daerah yang dituju, selain itu juga untuk mengonfirmasi kepada pemerintah setempat terkait rencana program dari kelompok KKN. Beberapa informasi yang harus didapat saat observasi adalah profil daerah, potensi masalah, lembaga apa saja yang sudah bekerjasama dengan daerah tersebut, penanganan yang sudah pernah dilakukan untuk menyelesaikan masalah, apa saja program pemrintah setempat untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk, angka kriminalitas, organisasi yang ada di deaerah, karakter masyarakatnya, serta kemungkinan kerjasama yang bisa dilakukan denga kelompok KKN-Tematik Universitas Mataram.

Setelah pelaksanaan observasi kelompok KKN Tematik menyusun proposal berdasarkan dengan bimbingan dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Adapun agenda yang lebih rinci terkati kegiatan adalah sebagai berikut:

WAKTU KEGIATAN
September 2016 Pengusulan proposal KKN-Tematik ke LPM
September 2016 Presentasi proposal dan revisi usulan KKN-Tematik
September 2016 Pembekalan dan pengarahan dari DPL
September-Oktober 2016 Pelaksanaan program KKN-Tematik
November 2016 Penyerahan laporan akhir
November 2016 Penilaian

  1. Pelaksanaan Program Kerja
  2. Pengembangan Sistem Administrasi desa berbasis komputer.

      Penanggung Jawab     : Andara Fadlilah Ramadhani Rangkuti.

      Anggota                      : 1. Hermawan Satrio Nugroho

  1. Wahyu Hidayatullah
No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Penataan Sistem Administrasi desa berbasis konvensional menuju berbasis komputer. Tertatanya sistem administrasi desa dengan rapi dan sistematis dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi. 1 2 3 4 5 6 7
2 Pengumpulan data-data konvensional (berbentuk kertas) kantor desa ke dalam sistem komputer. Terkumpulnya seluruh data-data konvensional desa ke dalam sistem komputer yang sudah disiapkan oleh team KKN Tematik.

  1. Sub Tema

SUB TEMA I                         : Pemberian Pelayanan Administrasi Kepada Masyarakat Umum

PENANGGUNG JAWAB    : Siska Septiana

ANGGOTA                            : 1. Gst. Nyoman Ari Ponar

  1. Vany Novia
No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Pemberian pelayanan bagian administrasi kepada masyarakat umum seperti pembuatan KTP, Akta Kelahiran, dan laporan-laporan masyarakat lainnya. Terlayaninya masyarakat dengan baik. 1 2 3 4 5 6 7

SUB TEMA II                        : Pembuatan Sistem Akuntansi Kas Sederhana Berbasis Komputer.

PENANGGUNG JAWAB    : Sahemawati

ANGGOTA                            : 1. Indra Lesmana

  1. Mira Apriani
No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Melakukan penginputan data-data kas desa dari sistem konvensional ke sistem komputer. Terinputnya seluruh data-data kas desa kedalam sistem komputer. 1 2 3 4 5 6 7
2 Pembuatan sistem kas sederhana berbasis komputer. Terciptanya sistem kas sederhana berbasis komputer yang dapat memberikan kemudahan lebih besar dibandingkan dengan sistem konvensional.

SUB TEMA III                            : Inventarisasi Asset Kantor Desa

PENANGGUNG JAWAB          : Desniar Yuandini Siwatha

ANGGOTA                                  : 1. Gst Dwika Mahayasa

  1. Yazid Albustomi
No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Pelaksanaan Inventarisasi Asset Kantor Desa Terinputnya seluruh aset-aset kantor desa kedalam sistem komputer. 1 2 3 4 5 6 7
2 Pembuatan Form Asset Kantor Desa Terciptanya daftar asset desa yang disajikan dalam bentuk formulir asset.

SUB TEMA IV                            : Pembuatan Neraca Keuangan Desa Berbasis Komputer.

PENANGGUNG JAWAB          : Restu Alpiansah

ANGGOTA                                  : –

No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Pembuatan sistem akuntansi desa sederhana berbasis komputer. Terciptanya sistem akuntansi desa berbasis komputer yang handal dan relevan 1 2 3 4 5 6 7
2 Pembuatan laporan keuangan desa berbasis komputer. Terciptanya laporan keuangan desa yang berbasis komputer.

SUB TEMA IV                            : Pembuatan Website Desa

PENANGGUNG JAWAB          : Laksmi Karma Paramacintya

ANGGOTA                                  : 1. Muhamad Nuzhul

No Program Kegiatan Indikator Waktu (Dalam Minggu)
1 Pembuatan Website Desa dalam bentuk blog. Terciptanya website desa yang informatif. 1 2 3 4 5 6 7
2 Website Designing Terciptanya website desa yang menarik.

  1. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
No Program Kegiatan Indikator Waktu ( Dalam Mingguan)
1 2 3 4 5 6 7
1 Pengembangan sistem administrasi desa berbasis komputer. Tercapainya tujuan untuk menciptakan sistem administrasi desa berbasis komputer yang rapi dan sistematis.
2 Sub Tema I: Pemberian Pelayanan administrasi kepada masyarakat umum. Tercapainya tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat umum dalam hal pembuatan KTP, Akta kelahiran, dan lain sebagainya.
3 Sub Tema II: Pembuatan sistem kas sederhana berbasis komputer. Tercapainya tujuan untuk membuat sistem kas sederhana berbais komputer.
4 Sub Tema III: Inventarisasi asset kantor desa. Tercapainya tujuan untuk membuat daftar aset kantor desa.
5 Sub Tema IV: Pembuatan neraca keuangan desa tahun 2016 berbasis komputer. Tercapainya tujuan untuk membuat laporan keuangan desa berbasis komputer.
6 Sub Tema V: Pembuatan website desa. Tercapainya tujuan untuk membuat website desa yang informatif.

 

  1. TEMPAT DAN WAKTU
  2. Tempat Pelaksanaan KKN Tematik

Tempat kegiatan KKN Tematik ini adalah di Kantor Desa Karang Bongkot Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

  1. WAKTU PELAKSANAAN

No Kegiatan Pelaksanaan (dalam mingguan)
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Pengusulan dan persiapan KKN Tematik
2 Pelaksanaan operasional KKN Tematik.
3 Penyusuanan Laporan Akhir.

  1. PEMBIAYAAN

            (TERLAMPIR)


 

  1. Organisasi Pelaksana

            Adapun Organisasi Pelaksana kegiatan ini adalah Kelompok KKN Teamtik Universitas Mataram dengan Struktur sebagai berikut:

            Dosen Pembimbing Lapangan            : Drs. Djoko Supratyento, M.Si

            Ketua Kelompok                                 : Restu Alpiansah

            Sekretaris                                            : Andara Fadlilah Ramadhani Rangkuti

            Bendahara                                           : Sahemawati

            Anggota                                              :

  1. Mira Apriani
  2. Laksmi Karma Parayamacintya
  3. Hermawan Satrio Nugroho
  4. Desniar Yuandini Siwatha
  5. Siska Septiana
  6. Yazid Albustomi
  7. Vany Novya
  8. Wahyu Hidayatullah
  9. Indra Lesmana
  10. Muhamad Nuzhul
  11. Gst. Nyoman Dwika Mahayasa
  12. Gst. Nyoman Ari Ponar

  1. PENUTUP

Demikian proposal ini kami susun sebagai perwujudan dari rasa kepedulian serta rasa taanggung jawab kami sebagai pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

                                                                                       Mataram, 10 September 2016

KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK

UNIVERSITAS MATARAM

KARBO 16

Ketua KKN                                                                                       Sekretaris

Restu Alpiansah                                                                               Andara Fadlilah .R

NIM. A1C013124                                                                           NIM.A1C013006

Mengetahui,

Pembimbing KKN Tematik Karbo 16

 

Drs. Djoko Suprayetno, M.Si

NIP. 19670726 199203 1 001

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s