Pesona Ramadan Di Lombok Sumbawa: Lombok Adalah Surga yang Dirindukan.

“Pulau Lombok memang bukan tanah kelahiran para nabi dan rasul, namun kami yakin sebesar-besarnya, bahwa setiap mata yang memandang akan bangga dan tersenyum melihat keindahan dunia islam di pulau Lombok. Pulau Lombok memang bukan negara Arab, namun kami yakin seyakin-yakinnya bahwa orang Arab akan tergila-gila dengan pesona Ramadan di pulau Lombok, karena pulau Lombok adalah surga dunia yang dirindukan. Jika kalian tak percaya, datanglah kemari, akan tetapi jangan salahkan kami apabila kalian tak mau pulang setelah menginjakkan kaki di pulau seribu masjid ini”

***

islamic-center-ntb
Islamic Center Nusa Tenggara Barat

Jika negara Prancis menjadi cantik karena ikon menara Eiffel nya yang menawan, Cina menjadi menarik karena Tembok Besarnya membuat mata terbelalak, Roma dengan gereja Basilica nya yang penuh dengan lukisan-lukisan ternama yang memukau dunia, India dengan Taj Mahal nya yang membuat negara lain gigit jari akan kemegahannya, Roma dengan Colosseum nya yang penuh akan makna dan sejarah yang membuat masyarakat dunia tidak akan pernah melupakan sejarah, Turki dengan gereja Hagia Sophia nya yang membuat setiap mata memandang menjadi berdecak kagum, maka Lombok pun tidak akan ketinggalan dengan negara-negara menakjubkan tersebut, saat ini Lombok pun memiliki masjid yang luar bisa indah, dibuat oleh tangan-tangan kuat dan kreatif putra daerah, didesain oleh imajinasi-imajinasi unik para anak daerahnya, serta tak luput dari doa-doa masyarakatnya yang rajin beribadah mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Itulah dia, masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Nusa Tenggara Barat.

islamic-center
Nuansa Islam yang Sangat Kental

Islamic center yang ada di pulau lombok Nusa Tenggara Barat kini sudah terbangun megah dan menjulang tinggi, menjulang tinggi setinggi harapan masyarakatnya menjadikan pulau seribu masjid ini sebagai daerah wisata halal terbaik di dunia. Mimpi dan harapan itu bukanlah mimpi dan harapan tanpa modal, Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok memiliki berbagai macam kebudayaan dan sudut-sudut surga dunia yang membuat mata tak berkedip saking elok dan mempesona keindahan alam yang disuguhkannya, maka tak heran masyarkat NTB mengatakan pulau Lombok sebagai pulau seribu masjid yang dirindukan, hal ini karena sejauh-jauhnya masyarakat Lombok pergi meninggalkan pulau ini, mereka tidak akan pernah lupa akan tanah kelahirannya, karena daya magnet yang sangat tinggi yang dimiliki akan membuat masyarakatnya senantiasa merindukannya dan segera ingin pulang ke kampung halaman. Bagi masyarakat Lombok, tak perlu mencari-cari surga dunia ke sudut-sudut negara lain, karena pulau lombok sendiri sudah memilikinya, bahkan dapat dinikmati secara gratis.

5
Islamic Center tidak akan pernah Sepi.

Pulau Lombok adalah pulau yang dihuni oleh mayoritas penduduk muslim. Hal ini pun berimbas kepada gaya hidup yang dijalani oleh masyarakatnya sendiri, yaitu hidup dalam nuansa balutan islamis, terlebih-lebih sang gubernur adalah seorang ulama yang sangat di segani di pulau Lombok, yakni bapak M. Zaenul Majdi atau biasa dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB). Berlatar belakang pendidikan agama yang sangat kental sejak kecil, membuat beliau benar-benar mengimplementasikan gaya kepemimpinannya dengan gaya yang sangat islamis, yang tentunya memberikan manfaat bagi segala golongan, karena islam adalah agama yang memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi, sehingga segala kebijakan yang dibuat oleh TGB tidak pernah membuat golongan lain menjadi terhina atau tertindas. Meskipun hanya sebagai manusia biasa, beliau tetap berusaha untuk bersikap adil dan bijak kepada seluruh rakyatnya, siapa pun itu, dan itulah yang akhirnya membuat beliau benar-benar dielu-elukan oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat.

            Dengan seorang gubernur yang sangat religius, alam yang indah dari ujung kaki hingga ujung kepala, masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama dengan baik membuat Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok benar-benar menjadi surga dunia yang sangat menakjubkan. Dengan rentetan seribu masjid yang terletak di setiap sudut membuat nuansa islamis benar-benar sangat terasa, khususnya pada moment bulan Ramadan. Jika anda benar-benar ingin merasa nuansa islamis yang sangat kental pada bulan Ramadan, maka berkunjung lah anda ke pulau seribu masjid ini. Setiap jengkal perjalanan anda menelusuri jalan-jalan Lombok telinga anda akan senantiasa diperdengarkan oleh suara azan merdu dan suara tadarus alquran yang merdu dari pemuda dan pemudi nya. Anda tak perlu takut lupa waktu salat, karena masyarakat Lombok tidak akan pernah lupa mengingatkan anda dan memanggil anda melalui mikropon-mikroponnya yang terletak di setiap penjuru pulau. Keindahan pulau Lombok memang tidak bisa seratus persen tergambar dengan kata-kata, karena hanya dengan melihat dengan mata sendirilah ia dapat terlukiskan dengan sempurna di memori kepala.

            Pada saat bulan Ramadan seperti saat ini, nuansa islam begitu merebak di tanah seribu masjid ini. Bagai bunga melati yang baru mekar, pulau Lombok langsung menebarkan wangi-wangi islamis ke seluruh penjuru daerah. Dengan latar belakang masyarakatnya yang sangat religius, setiap harinya anda akan disuguhi oleh pemandangan-pemandangan yang menyejukkan hati. Setiap subuh Islamic Centre tak pernah kekurangan jamaah, walau pagi dibungkus oleh dingin yang menyengat tulang, namun semangat masyarakatnya tak pernah beku untuk berangkat beribadah. Setelah salat subuh, masyarakat akan berbondong-bondong jalan-jalan pagi untuk menyehatkan badan di sekitar jalan Udayana. Ketika siang telah tiba, telinga anda akan dimanjakan oleh suara lantunan merdu dari para pembaca alquran yang ada di Islamic Center dan masjid-masjid yang ada, suara merdu nya seolah-olah membuat kita tak ingin pergi meninggalkan masjid. Setelah sore tiba, masyarakat akan berbondong-bondong untuk ngabuburit atau berburu menu buka puasa. Di sinilah titik klimaks nya, berbagai macam kuliner khas lombok akan dapat dengan mudah anda temukan. Di setiap sudut jalan, akan ada berbagai macam penjual menu buka puasa yang siap melayani kebutuhan anda, jangan khawatir untuk kelaparan di tanah surga dunia ini. Setelah mentari mulai terbenam ke peraduan di ufuk barat, maka kehidupan tak mati begitu saja. Mentari boleh saja terbenam, namun kehidupan belum terbenam begitu saja. Jalan cerita di pulau ini masih berjalan. Malamnya masyarakat akan berbondong ke masjid khususnya Islamic Center untuk menjalankan ibadah salat isya dan tarawih. Hal yang membuat ramadan kali ini lebih istimewa adalah, karena imam yang memimpin salat adalah para iman yang berasal dari luar negeri, sehingga nuansa arab dan timur tengah begitu kental anda temukan. Setelah salat tarawih berakhir, lampu Islamic Center belum akan padam, karena setelahnya para pemuda-pemudi nya akan melakukan kegiatan tadarusan, suara-suara indah mereka akan diperdengarkan melaui pengeras suara, suara-suara merdu itu akan diperdengarkan dari masing-masing masjid dan musala seolah-olah seperti lantunan orchestra yang memanjakan telinga. Setelah itu semua selesai, dini harinya anda tak perlu takut untuk ketinggalan makan sahur, karena pada waktunya tiba makan sahur, masing-masing masjid akan memanggil dan membangunkan anda untuk bisa segera bangun untuk santap sahur. Unik bukan? Dan hal-hal inilah yang benar-benar membuat kita tak ingin pergi meninggalkan pulau ini, terlebih pada saat-saat masa bulan suci ramadan. Berada di luar daerah atau luar negeri di bulan-bulan lain mungkin tidak masalah, namun merayakan bulan ramadan bukan di pulau Lombok rasanya seperti makan pelecing tanpa sambal, Ndek ne maik! Maka hal itulah yang menjadikan Lombok benar-benar menjadi surga yang dirindukan pada saat-saat bulan suci ramadan.

utama
Pemandangan yang Sangat Indah.

Pulau Lombok adalah salah satu pulau terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Lombok adalah salah satu harga paling berharga yang dimiliki oleh negeri ini. Dengan berbagai macam kekayaan yang dimilikinya sudah sangat pantas apabila kita menyandingkan dengan daerah-daerah maju di Indonesia ataupun di dunia. Nusa Tenggara Barat dirasa sudah siap bersaing dengan daerah-daerah terbaik di seluruh penjuru dunia ini. Destinasi halal yang dimilikinya adalah salah satu modal terbesar yang tak dimiliki oleh daerah lain. Nuansa islam di arab dan timur tengah bisa anda rasakan dipulau Lombok, namun nuansa kental Lombok tidak akan pernah anda rasakan di penjuru dunia mana pun, karena Lombok adalah the one and the only in the world. Islamic Centre yang berdiri tegak saat ini adalah salah satu bangunan megah yang kelak akan menjadi warisan berharga untuk anak dan cucu kita kelak, dan sudah bisa dipastikan mereka akan sangat bahagia menerima warisan yang luar biasa menakjubkan ini. Karena Lombok adalah surga dunia yang dirindukan.

#AkuBanggaDenganLombok

***

Advertisements

29 Comments Add yours

  1. Pratiwi cipta dewi says:

    Bangga bgd lahir dsni… Mskipun jlukanx pulau sribu masjid.. tp kerukunan antr umat msh trjaga utuh.. ntah itu yg brdoa di masjid..d greja.. di pura.. di vihara.. trima ksih tulisanx smkin mnyadarkan bnyak org di indonesia klau pulau ini sdh mlai bs dijadikan kbanggaan jg.. jdi nmbah pngetahuan bgd kan ya buat yg d luar sna.. klo d plau pdas ini komplit bgd… Wisata rohani nya dpt… Wisata alamnya jg dpt bgd.. so,, jgn lupa dimasukkin dlm list destinasi lburan klian yaaa kakaaa😊😊
    btw slmat beribadah puasa bgi yg menjalankan ya😊😘


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Terimakasih mbak Pratiwi… Semoga NTB semakin maju

      Like

  2. Lalu says:

    Tulisan penuh wawasan akan keindahan Pesona Pulau Lombok dengan Kearifan lokalnya ditambah dengan suasana bulan suci Ramadhan yang kian mmprcantik pulau dengan julukan seribu Masjid itu,,

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Terimaksih sudah membaca Mas. Semoga NTB semakin maju ya… ☺😍

      Like

  3. Irma Wahyuni Hakim says:

    pemaparan yg ringan dan mudah dipahami..
    wah …
    lombok memang punya gaya magnetik yg keras, dmnapun penduduk asli daerahx berada, psti sgt merindukan daerah ini dn ingn kmbli, trlbh jika bln ramadhan, moment yg sgt indah, menyejukkan mata, telinga dn hati yg mgkn sulit d dptkan di tempat lain 🙂

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Terimakasih sudah membaca mbak irma.. NTb pasti bisa.. ☺😊

      Like

  4. Putri Dinul Islamy says:

    Lombok memang sangat luar biasa.
    Merasa sangat dihormati ketika di beri kesempatan untuk berada di Pulau Lombok ini, terutama bisa menjalankan ibadah puasa yang ikonnya Pulau seribu Mesjid 😊😊😊

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Wahhhwahhh… Terimakasih h mbk putri

      Like

  5. Atisya Dzulhisni says:

    Tetap bangga jadi orang lombok..
    Semoga kedepannya lombok lebih maju dan religius lagi..

    Liked by 1 person

    1. Mbk tisya makasih sudah mampir… 😉😍

      Like

  6. Alfiatmi Nufus says:

    Jadi semakin bangga menjadi orang lombok 😁
    Semoga pulau Lombok makin maju dan masyarakatnya semakin rukun, islami, dan semakin baik setiap harinya
    Aamiin
    Tulisannya keren dan mudah dipahami Mister 👍👏😊


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Terimakasih sudah berkunjung yatmi… Saya juga bangga tinggal di Lombok… 😍

      Like

  7. Lalu trisno yossy satriawan says:

    Bangga terlahir sebagai salah satu putra yg berasal dari lombok 😳
    Semoga lombok semakin banyak dikunjungi wisatawan asing maupun dalam negeri. Amin
    Lombok I love you ❤

    Liked by 1 person

    1. Sama-sama bangga mas Trisno…
      Terimakasih sudah membaca mas, janga lupa di share ya mas… Heheh

      Like

  8. Suli Asmara says:

    Woww,,, pulau Lombok & Sumbawa memang keren… sebagai anak rantau yang jauh dari kampung halaman, tulisan ini membuatku ingin segera pulang…
    NTB the best pokoknya 😍😍
    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Wkwkwkwk… Segera pulang mangkanya Mbak Suli…

      Like

  9. Yuniasih Hesni Guntari says:

    Karna pada dasarnya BEDA itu indah,, asal tidak mengganggu hak dan kewjiban orng lain….
    Hidup berdampingan satu dan yg lain..
    Semoga Lombok bisa seperti itu terus… Meskipun Muslim mayoritas,, tdk menjadikannya semena mena trhadap umat beragama lain…
    dan yg lainpun tdk menganggap remeh karna diberikan kebaikan yakni kebebasan beribadah…😊😊

    Like

    1. Terimaksih sudah mampir Mbak Yuniasih

      Like

  10. Gho Far says:

    penasaran sama lombok… pengen tau aslinya..!!

    Like

    1. Wah orang mana Mas? Ayo deh datang kemari… Siap jadi Guide kok… wkwkwkw

      Like

  11. Reni Tania says:

    Wow,,,, pesona yang membuat sukar untuk diabaikan. Great one,, sebagai anak kandung Lombok, saya senang membaca tulisan yang mengangkat pulau kelahiran. Terus berkarya !! I love your writing ^_^

    Like

    1. Thanks mbak Reni… Kapan balik ke lombok? jangan bilang lebaran di Malang ya… Hahahaha

      Liked by 1 person

  12. IDA says:

    Keren Mass…
    Terimakasih sudah membuat masterpiece ini…


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Wah.. Wahhh… Terimakasih Mbk Idaaa… 😳😁😉😍

      Like

  13. Dony says:

    Lombok emang luar biasa…Mas Etu Kerennnn….


    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

  14. Putri says:

    Good ttp menulis seperti ini yaa mas

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Sippp mbak…. Wah maksih ya sudah comment… 😁😉

      Like

  15. Lian says:

    Islamic centre memang keren
    keren….. Hijihi…
    Lanjut mas…bsok bahas Epicntrum ya…

    https://polldaddy.com/js/rating/rating.js

    Liked by 1 person

    1. Wkwkwk… Besok ya Mbak…
      #Epicentrum… Wkwkwk
      Btw… Mbak lian orang mana ya??

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s