17 Tips Ini Mungkin Akan Membantu Kelancaran dan Kesuksesan KKN mu Nanti.

“Dunia kita tak sama dengan orang lain dan dunia mereka tak sama dengan dunia kita. Hidup saling menghargai adalah salah satu cara untuk bisa tetap hidup rukun dan harmonis. Hidup di tanah orang bukanlah perkara mudah, karena kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru adalah penentu dari bahagia dan sengsara nya kamu selama kurang lebih 45 hari tersebut”

Sebelumnya saya ucapkan “Congratulation” bagi kamu yang sedang membaca artikel ini. Tunggu dulu… Congratulation di sini bukan karena membaca artikel ini, tetapi Congratulation karena kamu yang membaca artikel ini pasti mahasiswa yang sudah menginjak Semester 6 ke atas yang sedang akan segera menjalankan tugas yang sangat prestisius dalam kehidupan kamu, yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN). Buat kamu yang sudah mau KKN, Congratulation. Hal ini menandakan bahwa kamu sudah hampir berada di ujung gerbang wisuda, menuju masa depan yang telah kamu idam-idamkan dari bangku sekolah dasar.

Dalam kesempatan kali ini, saya “Restu Alpiansah” akan berbagi 17 Tips yang bisa dijadikan bekal oleh mahasiswa UNRAM atau mahasiswa universitas lainnya sebelum menjalankan kegiatan KKN. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk sekadar berbagi pengalaman agar keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai bisa diimplementasikan, sedangkan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan bisa menjadi pelajaran bagi kamu semua agar kelak tidak mengulangi hal yang sama. Berikut adalah 10 Tips untuk sukses KKN yang bisa kamu jadikan pedoman selama KKN kelak.

  1. DOA DAN NIAT
doa
Doa dan Niat

Hal dasar dan basic yang wajib yang harus dipersiapkan sebelum memulai sesuatu adalah doa dan niat. Sebagai manusia yang percaya akan tuhan, meluruskan niat dan terus berdoa adalah suatu hal yang tidak boleh luput dari perhatian kita. Pastikan sebelum turun KKN, perbaiki niat terlebih dahulu. Niat KKN sudah benar-benar lurus untuk mengabdi kepada masyarakat, bukan karena suatu keterpaksaan atau ada modus lain yang diinginkan. Jangan lupa setelah niat itu lurus, diiringi dengan doa. Manusia itu hanya bisa berencana dan berkhayal, namun hanya tuhan lah yang bisa mengeksekusi setiap rencana dan khayalan tersebut. Hidup di tanah KKN nanti kamu akan benar-benar jauh dari keluarga, oleh karena itu tak ada tempat lain yang paling dekat tempat meminta pertolongan dan petunjuk selain kepada tuhan yang maha kuasa.

  1. PRINSIP: KAMI BUKAN SAYA
7
Kebersamaan “Kami”

Prinsip ini perlu kamu dan teman-teman kamu segera tanamkan jauh-jauh hari sebelum memulai KKN. Setelah kamu dan teman-temanmu sudah terikat dalam satu komitmen untuk hidup satu kelompok, maka kamu sudah sepenuh hati mengikhlaskan diri untuk hidup bersama mereka, mengarungi mahligai rumah tangga KKN bersama mereka. Ketika kelak kamu sudah berada di lokasi, kamu harus selalu ingat bahwa setiap program dan tanggung jawab adalah tanggung jawab bersama. Setiap bahagia adalah miliki kami, bukan saya. Demikian juga dengan setiap permasalahan yang kamu hadapi nanti. Jangan biarkan sikap egois itu terus tertanam dalam hatimu, karena sikap egois itu hanya akan menjadi duri yang menyayat hatimu secara pelan-pelan.  Bayangkan saja apabila 45 hari itu duri itu terus-menerus menyayat hatimu. Oleh karena itu, buanglah kata “saya” itu menjadi “kami”. Punya kami, bukan punya saya.

  1. PROPOSAL KKN
tips-mengeringkan-buku-setelah-terendam-banjir
Tak Perlu Tebal, Tapi Unik.

KKN itu memiliki banyak jenis. Ada KKN Tematik, Revolusi Mental, Proyek Dosen, KKN Konvensional dan lain-lain, setiap kampus memiliki kebijakan masing-masing masalah hal ini. Proposal KKN adalah salah satu tiket yang harus kamu persiapkan sebelum diberikan izin untuk terjun ke lapangan. Proposal adalah susunan tertulis dari seluruh program-program yang akan kamu laksanakan selama berada di lokasi KKN nanti. Untuk proposal, buatlah dengan sesederhana mungkin namun tetap bernilai tinggi. Jangan buat proposal yang terlalu muluk atau berlebihan, yang nantinya membuat kamu kewalahan dan tak bisa menyelesaikannya seratus persen. Buatlah program KKN yang paling dibutuhkan oleh desa lokasi KKN mu. Jika banyak, pilihlah salah satu yang benar-benar paling mendesak, jangan gelap mata meringkus semuanya, kasihan di kamu nantinya, habis tenaga habis dana. LPM sendiri juga tak memaksa kamu untuk melakukan program yang mereka inginkan, karena kamu yang akan menjalankan, maka kamulah yang harus mengatur dan meyakinkan LPM tentang program yang akan kamu laksanakan. Ingat, jangan takut untuk bilang tidak jika kamu memang tak sanggup. Buat rencana banyak program memang mudah, tetapi implementasinya nanti tak semudah waktu kamu mengetiknya di Microsoft word. Untukmu yang melakukan KKN Tematik, hal ini lebih mudah lagi. Lokasi, teman, dan teman kamu yang pilih sendiri. Karena kita melaksanakan program sesuai dengan teman yang kita angkat. KKN tematik itu harus fokus dengan satu program saja, sehingga akan lebih enak untuk mengatur dan melaksanakan programnya. Misalnya jika KKN Tematik mu bertema pengembangan komputer akuntansi di desa Karang Bongkot, Labuapi, maka program mu hanya akan berkaitan dengan desa dan komputer, tidak ada yang namanya gotong royong buat plang nama gang, mengajar bimbel, menanam pohon dan hal-hal lainnya yang tidak masuk kedalam tema KKN mu. Namun apabila kamu tidak mendapat KKN tematik, jangan khawatir. Setiap keputusan yang kamu ambil berarti sudah yang terbaik bagi kamu. Jalani saja, siapa tahu itu adalah lokasi dan teman yang sudah dipersiapkan tuhan kepadamu agar kamu bisa lebih baik lagi setelah KKN. Satu hal lagi, apabila kamu ingin proposal mu cepat laku di LPM, buatlah proposal yang benar-benar unik daripada yang lain. Jangan buat proposal yang pasaran. Orang lain akan lebih banyak melirik mu apabila kamu berbeda. Hal ini berlaku juga untuk proposal KKN mu. Ingat, buat program sesuai kemampuan. Simple tetapi bermanfaat itulah yang penting. Serta kamu dan teman-temanmu sudah jago melakukannya.

  1. LOKASI KKN
4
Cari Lokasi yang Strategis (Kalau Diberi Pilihan)

Jika kamu diberikan hak untuk mencari sendiri lokasi KKN, berarti ini sangat baik sekali untukmu. Dengan diberikan hak mencari lokasi sendiri, kamu bisa dengan lebih leluasa untuk menentukan lokasi KKN yang kamu inginkan. Carilah lokasi KKN yang benar-benar strategis. Jangan mau hidup di lokasi KKN yang jauh dari berbagai macam fasilitas strategis. Memang kamu mau mandi di sungai? Mau pergi ke pasar yang jaraknya 10 KM? Mau pergi beli Mie instan saja harus melewati hutan belantara dulu? Hidup KKN itu bukan berarti memaksakan diri untuk susah, kalau memang bisa diusahakan hidup berkecukupan bahkan mewah kenapa tidak. Hidup dengan penuh keterbatasan hanya akan membuat kondisi internal kelompok KKN kamu lebih banyak masalah lagi. Boro-boro urus program, urus air bersih aja susah, nah bagaimana hayo? Oleh sebab itu, pilihlah lokasi KKN yang benar-benar tepat. Namun apabila lokasi KKN mu sudah ditentukan, pilihlah posko yang sesuai dengan anjuran kepala desa. Syukur-syukur dekat dengan rumah kepala desa. Hal ini apabila kamu tidak bisa mendapatkan tempat yang strategis, setidaknya kondisi tempat KKN mu terjamin keamanannya. Tetaplah berbuat baik kepada masyarakat, agar mereka juga bisa menjadi polisi nonstop yang bisa terus menjaga dan melindungi kalian selama menjalani kegiatan KKN.

  1. POSKO
58
Posko

Pemilihan posko yang tepat menentukan kenyamanan kamu dalam menjalani hari-hari KKN. Apabila kegiatan KKN mu banyak berkecimpung dengan kantor desa, maka pilihlah lokasi posko yang dekat dengan kantor desa. Hal ini agar kamu bisa menekan biaya transportasi. Alternatif lain untuk menghemat pengeluaran posko adalah, tanyakan kepada pihak kantor desa apakah ada ruangan besar yang bisa ditempati oleh kelompok mu. Apabila ruangannya memungkinkan untuk tidur bersama dengan pemisahan cowok cewek ambil saja. Namun apabila kamu ingin lebih baik, pilihlah rumah kontrakan yang lebih besar dan dekat dengan lokasi KKN, hal ini agar kamu bisa lebih leluasa dalam menjalani kegiatan sehari-hari selama kegiatan KKN, mahal sedikit tak masalah, karena kenyamanan itulah yang kamu harus cari. Ingat, jangan pernah mau menderita selama 45 hari itu. Berusahalah sebaik mungkin agar kamu bisa hidup mewah. Karena jika posko nyaman, tentu pikiran kamu akan lebih segar untuk menjalankan program. Kalau posko tidak nyaman, yang ada bukan meributkan program KKN, tetapi sibuk bertengkar masalah-masalah posko. Satu lagi, pilihlah posko yang mana cowok dan cewek nya bisa satu atap, bukan satu kamar ya. Karena dengan satu atap, itu akan lebih mengemat biaya posko dan biaya makan kelompok kamu. Jika kepala desa tak menyetujui, yakinkanlah mereka bahwa kalian adalah para mahasiswa yang bisa dipercaya dan tidak akan berbuat macam-macam yang melanggar norma. Setelah mendapatkan kepercayaan itu, maka jagalah dengan baik, jangan menghianati kepercayaan orang lain.

  1. IURAN KKN

Iuran adalah salah satu faktor yang paling penting dalam KKN. Setiap kegiatan tidak akan berjalan lancar tanpa dana. Kamu butuh bertahan hidup selama KKN, oleh karenanya tak bisa lepas dari dana. Keluarkanlah iuran dengan perencanaan yang matang. Jika bisa, mintalah iuran sekali minta. Maksudnya, anggota KKN hanya akan mengeluarkan iuran hanya dalam sekali, tidak akan pernah dimintai lagi ditengah-tengah atau akhir KKN. Dengan begini kamu tidak akan pernah khawatir untuk diminati uang iuran lagi, dan tentunya tidak akan banyak merepotkan kedua orang tuamu.  Misalnya, kamu dan teman-temanmu sepakat untuk iuran sama-sama satu juta. Maka satu juta itu akan dikeluarkan satu kali saja. Jika temanmu ada 15, maka dana yang terkumpul adalah 15 juta. Nah, uang itu pergunakanlah untuk membeli semua kebutuhan KKN, tanpa harus meminta anggota mu untuk membawa beras, Mie instan, teh kopi, makan-makanan lainnya sendiri. 15 juta itu cukuplah untuk bertahan dari awal hingga akhir KKN. Gunakanlah uang 15 juta untuk membeli kebutuhan apapun yang berkaitan dengan KKN, baik itu untuk program KKN, kostum KKN, ataupun logistik dapur KKN. Bagi kamu yang jauh dari rumah, kamu sudah tidak perlu lagi untuk pulang minta uang lagi, karena semua kebutuhan makan minum mu sudah ditanggung oleh tim KKN. Aturlah budget KKN mu. Jangan boros dan biasakanlah untuk selalu berhemat. Jangan lupa untuk mencatat seluruh pengeluaran kelompok KKN mu, kemudian minta kepada bendahara KKN mu untuk setiap rapat evaluasi untuk dibacakan setiap pengeluaran dan penerimaan selama satu hari. Hal ini agar tidak ada terjadi fitnah di antara kalian, karena masalah uang itu adalah masalah yang sangat sensitif dan krusial.

  1. KNOW YOUR FRIEND
IMG_1983
It’s simple but so Important

Ibarat mau nikah, maka hal yang harus dilakukan adalah mengenal calon pasangan dengan sedalam-dalamnya. Tujuannya adalah agar kelak ketika hidup bersama, kamu bisa saling tahu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini sama halnya dengan KKN. Kenalilah kepribadian masing-masing temanmu. Tanyakan apa hal yang disuka dan tidak disukainya. Hal ini agar kamu tidak bertindak sesuatu hal yang tidak disukainya. Jika temanmu alergi terhadap rokok, jangalah merokok di hadapannya. Jika ada temanmu yang alergi udang, ketika tugas piket masak, jangan memasak menu-menu yang berbau udang. Apabila temanmu tidak suka hal yang berbau keributan, jagalah perasaannya untuk tidak ribut pada jam-jam tertentu. Dengan mengetahui satu sama lain maka kamu akan bisa hidup rukun dan harmonis dengan teman-teman KKN mu.

  1. JADWAL PIKET

Jika ada temanmu yang mengatakan bahwa jadwal piket itu tidak perlu, dengan alasan bahwa seluruh kegiatan lebih baik dilakukan secara bersama-sama, sanggah lah. Membuat jadwal masak dan kebersihan itu sangatlah penting. Melakukan seluruh jadwal piket secara bersama-sama memang mengasyikkan, tetapi dengan cara seperti, kamu tidak akan memiliki tanggung jawab untuk melakukan tugas piket, sehingga teman-temanmu akan melaksanakan tugas piket hanya tergantung mood. Melaksanakan kegiatan masak atau bersih-bersih posko tanpa piket justru akan membuat teman-teman mu akan bersikap semena-mena dalam menjalankan tugas. Oleh karena itu, jadwal piket itu perlu sekali untuk dibuat. Agar mood tidak mood, mereka harus tetap bekerja. Dengan demikian, jadwal masak dan kebersihan akan tetap berjalan lancar. Dan ingat, berikanlah hukuman bagi teman-temanmu yang tidak taat terhadap aturan. Mintalah ketua kelompok mu untuk bersikap tegas dalam melaksanakan aturan. Hal ini untuk kebaikan bersama. Apabila ada yang tidak taat aturan, bawalah kasus itu kedalam rapat evaluasi. Sehingga mereka bisa menyadari kesalahan yang telah mereka perbuat.

  1. INGAT: INI BUKAN DESA DAN RUMAH SAYA
Program kelompok_5925
Ini Bukan Rumah dan Tanah Kami, Berarti Kami tak Boleh Sombong

Hal yang perlu kamu ingat pada lokasi KKN nanti adalah bahwa desa tempat kamu KKN adalah milik orang lain, serta posko yang akan kamu tempati bukanlah rumah kamu sendiri. Kamu hanya menumpang, kamu hanyalah tamu bagi mereka. Jadi hal yang harus kamu perhatikan adalah, selalu ingat bahwa kamu adalah seorang tamu di tanah orang, maka berperilaku seperti tamu yang tahu adab dan sopan santun. Posko itu juga bukan rumahmu, jadi teruslah junjung tinggi nilai toleransi dan sikap saling menghargai satu sama kalian, agar kamu tidak bentrok dengan anggota KKN lainnya. Ingat, kamu itu jauh dari keluarga, maka jika kamu berlaku semena-mena, pedang tajam sudah siap setiap saat menancap di dadamu. So, tetaplah ingat bahwa desa itu adalah desa orang, dan posko itu adalah posko bersama pinjaman dari orang lain. Apabila di rumah biasanya kamu mandi bisa sampai dua jam, maka janganlah lakukan itu di lokasi Posko KKN. Karena hal ini hanya akan menjadi sumber masalah bagi kelompok mu. Apabila kebiasaan mandi lama sulit kamu hilangkan, maka tahu dirilah untuk mandi pada waktu yang paling akhir, agar kamu tetap bisa berendam selama dua jam di kamar mandi.

  1. STOP GOSIP

2Gosip adalah membicarakan keburukan teman anggota KKN sendiri. Gosip adalah musuh terbesar dari KKN, karena apabila anggota KKN sudah mulai saling bergosip satu sama lain, maka posko tempat kamu hidup akan selau menjadi neraka yang amat menakutkan. Jangan pernah membawa kebiasaan buruk membicarakan orang lain di posko KKN, karena jika itu terbawa, itu semua sama saja kamu bawa bom dalam tas, bisa meledak kapan saja dan membunuh siapa pun. Jika ada terbersit di hatimu untuk bergosip, segeralah cari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Misalnya jika kamu tidak suka dengan gaya tidur temanmu, maka sebaiknya kamu menegurnya secara face to face, agar permasalahan itu bisa segera selesai, sehingga tidak mengakar mejadi suatu gosip. Lebih kamu blak-blakan daripada selalu menyembunyikan pistol untuk saling membunuh satu sama lain. Apabila kamu merasa tersinggung dengan tindakan temanmu, bicarakan saja langsung pada rapat evaluasi, ceritakan masalahnya kepada seluruh anggota KKN. Karena membawa langsung masalah itu ke meja evaluasi, maka semua itu akan segera teratasi tanpa harus ada gosip diantara kalian.

  1. GO TO SOCIETY

P_20160925_071656Apapun jenis KKN mu, mau itu Tematik, Konvensional, Revolusi Mental, ataupun proyek dosen, kewajiban untuk terjun langsung ke masyarakat adalah agenda wajib yang tidak boleh kamu lewatkan sama sekali, karena inti dari KKN itu sendiri adalah bagaimana dirimu sendiri bergabung merakyat dengan orang lain. Jika sebelumnya kamu hidup di kota, lupakan sejenak sikap individualis masyarakat kota, karena saat ini kamu sedang berada di desa yang benar-benar menghargai orang di sampingnya. Jika kamu sampai mengabaikan mereka, maka masyarakat itu sendiri bisa menjadi granat yang membahayakan kamu dan teman-teman lainnya. Namun begitu juga sebaliknya, apabila kamu bisa merakyat dengan mereka, maka kebahagiaan yang luar biasa akan kamu dapatkan dari mereka, walau caranya murah, namun manfaatnya tidak akan ternilai dengan lembaran hijau dan merah.

  1. BELAJAR UNTUK MENDENGAR

Jangan pernah merasa diri sendirilah yang paling pintar dan benar, serta merasa diri sendirilah orang yang harus didengarkan. Jangan egois, berikanlah kesempatan kepada temanmu untuk menyampaikan pendapat, karena setiap pendapat memiliki keunggulannya masing-masing. Dengan mendengarkan temanmu yang sedang berbicara, setidaknya kamu sudah secara tidak langsung menghormati dan menghargainya. Satu hal yang perlu kamu ingat, apabila sedang diskusi, perhatikanlah orang yang sedang berbicara, jangan sibuk sendiri dengan smartphone mu sendiri. Memang kamu mau diabaikan ketika sedang berbicara di hadapan mereka? Memang mau ketika berbicara omongan mu diputus orang lain? Jika tidak, maka belajarlah terlebih dahulu untuk menghargai orang lain.

  1. NO SECRET

KKN akan berjalan dengan indah dan nyaman apabila seluruh anggotanya berusaha untuk bersikap terbuka dan jujur satu sama lain. Hidup KKN itu mirip dengan hidup berumah tangga, suami istri harus saling bersikap terbuka dan saling mempercayai satu sama lain. Jika ada permasalahan KKN yang membuat kamu merasa tidak nyaman berada di posko, langsung saja utarakan kepada ketua kolompok KKN kamu, agar nanti bisa dibicarakan pada saat evaluasi internal kamu. Jangan simpan masalah sendiri, itu tidak baik, karena menyimpan masalah hanya akan menambah masalah dan akan semakin mengganggu pikiran kamu, yang ada hidup kamu di posko akan menjadi tidak nyaman. Jangan pernah simpan masalah KKN seorang diri, masalah KKN bukanlah suatu rahasia pribadi, namun sudah menjadi rahasia seluruh anggota kelompok. KKN itu bukan hanya berbagi suka, namun juga sebagai tempat berbagai duka agar kamu tidak terlalu terbebani.

  1. TAKE AND GIVE

Dalam menjalani biduk rumah tangga KKN, biasakanlah diri untuk saling memberi dan menerima. Janganlah menjadi orang yang egois yang selalu ingin dimengerti perasaannya. Hiduplah dengan saling memperdulikan satu sama lain. Apabila temanmu sedang mengalami kesulitan, segeralah bantu sebisa mungkin. Karena hidup KKN itu adalah hidup mengenai cara kita saling berbagai dan peduli satu sama lain.

  1. PRIVACY

Meskipun kamu hidup bersama dalam satu posko, yang kamu perlu ingat adalah tidak semua barang yang ada di posko itu bisa dipakai. Ada barang-barang tertentu milik pribadi mereka yang tidak boleh kamu pakai. Apabila kamu memang benar-benar membutuhkan, jangan pernah lupa untuk bilang “boleh minta atau boleh pinjam”. Jangan biasakan diri asal ambil seperti maling. Karena jika sikap ini kamu terapkan nanti, bisa-bisa teman KKN kamu sendiri malah jengkel dengan tindakanmu. Minta dan pinjam satu dua kali mungkin masih bisa, tetapi kalau sudah lebih, lebih baik kami usahakan beli saja, daripada ribut dan membuat orang lain kesal. Ambil saja contoh masalah alat mandi. Meskipun sepele, masalah ini bisa menjadi runyam jika terus dibiarkan. Alat mandi itu adalah kebutuhan personal, bukan untuk dipinjam atau dibagi satu sama lain. Namun apabila memang bisa dibagi, mintalah baik-baik tanpa harus mengambilnya diam-diam, karena jika sampai kamu ketahuan mengambil secara diam-diam, temanmu akan merasa sakit hati dan tersinggung, dan tentunya ini akan menjadi masalah yang runyam di kemudian hari. Meskipun teman itu adalah sahabatmu, ia tetap manusia yang bisa kesal dan marah dengan tindakanmu. Pernah dengar persahabatan yang retak karena masalah sepele kan? Nah masalah ini lah yang harus kamu perhatikan, jangan disepelekan.

  1. EVALUASI

Setiap malam, buatlah jadwal untuk melakukan kegiatan evaluasi harian. Jadi dalam evaluasi ini, kamu akan membahas segala macam kegiatan yang pernah kamu kerjakan. Dengan melakukan evaluasi setiap malam, maka kamu akan dapat mengetahui perkembangan program yang telah kamu kerjakan. Evaluasi juga bisa dijadikan sebagai waktu untuk curhat, yang mana setiap anggota diberikan hak untuk menyampaikan keluh kesahnya selama seharian itu. Dengan melakukan evaluasi, kamu akan bisa langsung mengetahui segala macam permasalahan yang ada, baik itu masalah program, masalah internal anggota kelompok, dan masalah masyarakat itu sendiri. Dengan begitu, kamu akan bisa segera mencari solusinya. Yang kamu perlu harus ingat adalah, apabila kamu sering menunda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, kelak masalah itu akan berubah menjadi gunung dan bisa sewaktu-waktu meledak dan membahayakan seluruh anggota. Oleh karena itu, buatlah waktu khusus dalam kelompok mu untuk bisa setiap hari melakukan kegiatan evaluasi.

  1. BELAJAR, BELAJAR, DAN BELAJAR
15
Belajar, belajar, dan Belajar.

Meskipun kamu adalah seorang mahasiswa semester atas, pernah membaca ratusan buku dan jurnal nasional dan internasional, bukan berarti kamu berhak menjustifikasi diri kamu sebagai orang yang akan selalu benar dan pintar. KKN itu adalah ajang untuk memperbaiki diri dan belajar. Belajar di sini lebih dikaitkan dengan belajar memahami lingkungan, memahami perasaan orang lain, dan belajar menjadi orang yang bertanggung jawab. Jangan pernah merasa diri sudah pintar, karena sikap ini yang justru akan memukul kamu dari belakang. Tentunya kamu sudah tahu betul, kalau hidup ini adalah untuk belajar, belajar, dan belajar.

Ada masih banyak sekali Tips yang tentunya bisa kamu gunakan untuk menunjang kesuksesan KKN kamu masing-masing dan itu berada pada diri kamu masing-masing. Tips ini tidak akan pernah berguna bagi kamu apabila kamu hanya dibaca dan melupakannya begitu saja. Yang kamu perlu harus ingat adalah, kamu dikatakan sukses menjalankan KKN apabila ketika pulang ke rumahmu masing-masing kamu menjadi orang yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Lebih menghargai pengorbanan dan keringat orang tua, lebih menghargai pendapat orang lain, tidak hidup manja, dan tentunya menjadi lebih dewasa daripada sebelumnya.

Menjalankan KKN bukan hanya sekadar keterpaksaan atau kewajiban mata kuliah wajib yang harus diikuti, namun ini adalah masalah bagaimana cara kita berbagi ilmu kepada orang lain. Karena hal yang penting dari KKN adalah bagaimana kita bersyukur atas nikmat yang telah diberikan tuhan kepada kita sedangkan orang lain yang jauh di sana belum bisa mendapatkannya. Karena almamater yang sekarang kamu pakai tidak semua orang bisa memakainya. Dan kamu harus bersyukur akan hal itu. Semoga KKN mu sukses dan lancar ya….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s